ASI merupakan makanan utama bayi. ASI juga wajib diberikan secara eksklusif selama enam bulan demi kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Agar asupan ini lancar, ibu perlu mengonsumsi makanan yang menyokong produksi ASI. Berikut beberapa makanan yang bisa ibu santap, seperti dilansir melalui Boldsky (3/8).

1. Biji fenugreek
Biji fenugreek atau kelabat telah dipercaya dapat merangsang hormon pertumbuhan payudara dan meningkatkan produksi ASI. Biji-bijian ini merupakan sumber yang kaya akan zat besi, vitamin, kalsium dan mineral. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelabat merupakan stimulator potent untuk memproduksi ASI yang dapat meningkatkan ASI sebanyak 90 persen.

2. Bawang putih,
Bawang putih menjadi cara kuno namun terbaik untuk meningkatkan produksi ASI. Ini sudah terbukti dalam sebuah penelitian dalam journal of Pediatric Research yang menunjukkan bahwa bawang putih bisa meningkatkan produksi ASI dan nafsu makan bayi.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan, seperti almond dan mete adalah makanan ideal untuk meningkatkan ASI. Kaya akan protein, vitamin dan mineral menjadikan kedua kacang ini amat baik untuk dikonsumsi dan membantu meningkatkan laktasi.

4. Makanan berserat
Sayuran hijau dan beberapa sayuran merah merupakan sumber serat. Pilihlah bayam, daun katuk, biji-bijian, ubi jalar dan buah bit yang membantu meningkatkan produksi ASI. Jangan lupa, untuk selalu mengonsumsinya setiap hari minimal satu sayuran.

5. Pare
Sayuran, seperti labu botol dan pare merupakan makanan yang paling populer untuk meningkatkan ASI. Keduanya merupakan sumber vitamin dan mineral, yang membantu meningkatkan laktasi wanita.

sumber