Di antara banyak jenis sayur, sawi termasuk sayuran yang paling dikenal oleh masyarakat Indonesia. Manfaat sayur sawi pada umumnya adalah sebagai bahan masakan, mulai dari ditumis, campuran nasi atau mie goreng, bahkan sekarang sudah banyak rumah makan yang menyuguhkan minuman jus sawi. Walau begitu, ada beberapa orang yang tidak menyukai jenis sayur yang satu ini. Jika Anda termasuk, sebaiknya Anda pikir ulang, karena manfaat sayur sawi ternyata sangat beragam bila ditelusur dari kandungan gizinya.

Kandungan Gizi Sawi
Berikut ini beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayur sawi :

1. Sayur sawi kaya akan vitamin. Misalnya vitamin A, B, C, E, dan K. Tak hanya memiliki banyak jenis vitamin, kadar tiap vitamin pada sayuran ini ternyata juga sangat tinggi.
2. Selain vitamin, sayur sawi juga mengandung karbohidrat, protein dan lemak baik yang berguna untuk kesehatan tubuh.
3. Zat lain yang terkandung dalam sayur sawi adalah kalsium, kalium, mangan, folat, zat besi, fosfor, trptofon, dan magnesium.
4. Kandungan non-gizi yang ada dalam sayur sawi adalah serat atau fiber yang kadarnya cukup tinggi.

Manfaat Sayur Sawi
1. Kandungan vitamin yang cukup tinggi sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin paling tinggi yang ada di sayur sawi ini adalah vitamin K, di mana vitamin ini sangat berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering.
2. Untuk kandungan vitamin C-nya, beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti jeruk. Ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
3. Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat bagus untuk pembentukan dan menjagakualitas tulang, sehingga bisa menghambat tulang keropos atau osteoporosis.
4. Manfaat sayur sawi yang tak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke atau penyakit jantung yang mematikan. Selain itu bisa untuk menurunkan kadar gula darah penyebab kencing manis.
5. Sayur sawi memiliki komponen kimia penghambat penyakit kanker. Dari berbagai penelitian, sawi bisa menurunkan resiko terkena berbagai penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker ginjal, kanker paru-paru atau kanker kandung kemih.
6. Serat pangannya yang cukup tinggi bisa membantu proses pencernaan pada perut.
7. Manfaat sayur sawi yang lain adalah mencegah terjadinya penyakit gondok. Sayur sawi memiliki komponen kimia yang bisa mencegah pembengkakan/pembesaran kelenjar tiroid.
8. Sayur sawi termasuk sayur yang memiliki zat besi cukup bagus, sehingga sangat cocok bagi penderita anemia karena kandungan zat besi sawi mampu meregenerasi hemoglobin dengan sangat baik.

Manfaat sayur sawi yang begitu banyak ini sangat sayang untuk dilewatkan. Mulai sekarang Anda bisa menerapkan hidup sehat, salah satunya dengan cara mengkonsumsi sayur sawi yang kaya manfaat.