Memiliki kaki yang bau, tentu sangat menjengkelkan. Ada 2 hal yang menjadi alasan mengapa kaki Anda bau, yaitu keringat pada kaki dan jenis sepatu yang dikenakan. Berkeringat adalah proses tubuh yang penting untuk mempertahankan suhu tubuh kita dan juga membantu membuang racun dari dalam tubuh kita.
Namun akibatnya justru bau kaki yang tak tertahankan, terutama pada orang yang memiliki hiperhidrosis, suatu kondisi dimana seseorang berkeringat lebih dari jumlah yang diperlukan untuk mendinginkan tubuh. Setiap kaki memiliki lebih dari 250.000 kelenjar keringat, tak heran kaki kita bisa begitu bau.

Alasan utama di balik bau ini adalah bakteri yang memakan keringat dan menghasilkan bau seperti bawang busuk. Sepatu yang terbuat dari bahan sintetis juga menyebabkan bau kaki, karena tidak menyerap keringat dan menghalang penguapan keringat. Penyebab lainnya karena latihan atau olahraga berat pada kaki. Kaki berkeringat dapat juga disebabkan karena beberapa gangguan hormonal dan genetis.

Pertanyaan utamanya adalah bagaimana cara menghilangkan bau kaki? Nah, berikut ini adalah solusi mudah untuk mengatasi bau kaki yang tak kunjung hilang:
  • Jagalah kebersihan dengan mencuci kaki Anda setiap hari dengan air hangat dan sabun anti bakteri untuk menghilangkan bakteri.
  • Gunakan kaus kaki yang bersih dan kering yang terbuat dari katun, wol, atau kapas yang mudah menyerap keringat dan membantu sirkulasi udara pada kaki. Hindari memakai kaus kaki dan stoking dari bahan nilon. Pastikan Anda mengganti kaus kaki setiap hari. Cucilah kaus kaki Anda untuk meminimalkan kemungkinan bakteri untuk berkembang biak.
  • Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari. Jemurlah sepatu setiap hari agar baunya menghilang dan kelembapannya terjaga. Kenakan sepatu kulit yang memiliki lapisan kulit di dalamnya, dan bukan yang memiliki lapisan plastik agar sirkulasi udara terjaga.
  • Jangan memakai sepatu yang ketat pada kaki Anda, dan beli sol sepatu yang bisa dilepas agar dapat dicuci sehingga kaki tidak bau.
  • Anda juga bisa menggunakan pelembap yang mengandung gliserin pada kaki Anda. Penggunaan pelembap dapat menjaga kaki tetap bersih dan kering.
  • Rendamlah kaki Anda dalam teh hitam yang pekat selama 30 menit sekali dalam seminggu. Karena asam tanat yang terdapat pada teh menghancurkan bakteri dan menutup pori-pori dan menjaga kaki tetap kering untuk waktu yang lama.
  • Anda juga bisa menggunakan bedak bayi atau soda kue pada kaki Anda sebelum memakai sepatu.
  • Solusi lainnya, Anda bisa merendam kaki Anda dalam dua liter air hangat yang mengandung dua sdm garam epsom atau merendam kaki Anda dalam wadah berisi cuka campur air untuk menjaga kaki Anda tetap kering dan bersih. Atau, Anda bisa meredam kaki Anda dalam wadah berisi air hangat, oatmeal dan oat selama 10 – 15 menit, hal ini bisa menghilangkan bau pada kaki.