Fungsi klorofil pada tanaman hampir sama dengan fungsi darah pada manusia. Struktur klorofil identik dengan hemoglobin pada darah, hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Yang membedakan antara klorofil dan hemoglobin adalah inti atomnya.

 Dalam klorofil inti atomnya adalah magnesium dan dalam hemoglobin, inti atomnya adalah besi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa klorofil dapat melakukan tugas hemoglobin atau menambah kualitas hemoglobin.

Klorofil banyak dikonsumsi dalam bentuk cair atau minuman, karena lebih mudah diserap oleh tubuh. Klorofil mengandung antioksidan, anti inflamasi dan memiliki khasiat penyembuhan luka. Berikut ini manfaat klorofil untuk kesehatan:
  1. Klorofil memiliki nutrisi-nutrisi yang membantu untuk meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah merah dalam tubuh. Sehingga meningkatkan sirkulasi dan produksi energi yang lebih banyak.
  2. Selain membantu dalam membersihkan tubuh, klorofil juga membantu dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  3. Klorofil membantu mengurangi efek buruk polusi yang kita terima setiap hari pada tubuh kita. Jadi, klorofil sangat baik bagi para perokok yang selalu terpapar asap rokok yang membahayakan.
  4. Kandungan magnesium dalam klorofil membantu dalam mengangkut oksigen ke semua sel dan jaringan dalam tubuh. Dan juga membantu stimulasi sel-sel darah merah, sehingga suplai oksigen pun meningkatkan.
  5. Karena klorofil mengandung antioksidan, maka klorofil dapat membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh dan berguna juga untuk mengurangi peradangan.
  6. Klorofil berguna dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal infeksi, membantu dalam penyembuhan luka dan meningkatkan peredaran darah, pencernaan dan sistem detoksifikasi.
  7. Klorofil mencegah pengikatan karsinogen dengan DNA. Karsinogen adalah zat yang menyebabkan dan memicu kanker.
  8. Klorofil memiliki efek khelasi (proses mengeluarkan logam berat dari aliran darah melalui khelat, seperti dalam mengobati keracunan timbal atau merkuri). Artinya, klorofil dapat menghilangkan logam beracun berat seperti merkuri dan timbal dari tubuh.
  9. Napas yang bau, bau urin yang busuk dan bau badan, semua bisa diatasi oleh klorofil yang berkerja layaknya deodoran. Klorofil membuat saluran pencernaan menjadi sehat, sehingga mencegah bau mulut.
  10. Mengkonsumsi klorofil dapat membantu jaringan tubuh untuk menghancurkan kuman yang menyebabkan infeksi. Bukan hanya itu saja, tetapi juga memperkuat jaringan tubuh dan menambah ketahanan terhadap penyakit.
Klorofil sebenarnya terdapat pada sayuran yang Anda makan, namun klorofil banyak yang hancur karena dimasak. Oleh karena itu, Anda bisa mendapatkan suplemen klorofil dalam bentuk cair atau tablet dan produk-produk ini tersedia di apotik-apotik.