Selain sering digunakan untuk produk kecantikan, minyak zaitun tak dipungkiri lagi sangat bermanfaat untuk kesehatan yaitu, kesehatan organ hati, terlindung dari kanker payudara, meningkatkan kesehatan otak, rambut, kulit dan kuku. Kini sebuah penelitian baru mengungkapkan adanya manfaat lain dari minyak zaitan yaitu memperkuat tulang.

Seperti dilansir dari huffpost, tim peneliti Spanyol meneliti sebanyak 127 pria antara usia 55 dan 80 yang melakukan diet dengan diperkaya minyak zaitun memiliki tingkat lebih tinggi atas osteocalcin dalam darah mereka. Ini menjadi penanda bahwa tulang mereka dalam kondisi baik dan sehat.

“Asupan minyak zaitun telah berhubungan dengan pencegahan osteoporosis pada eksperimental dan pada model in vitro. Ini adalah studi acak pertama yang menunjukkan bahwa minyak zaitun melindungi tulang, setidaknya sebagai disimpulkan oleh sirkulasi penanda tulang, pada manusia,” ungkap penulis Jos Manuel Fernandez-Real, MD, Ph.D.

Namun sebenarnya bukan hanya minyak zaitun saja yang membantu menjaga kesehatan tulang, ada beberapa makanan lainnya yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang.
1. Kedelai
Makanan yang kaya protein, bebas susu untuk asupan kalsium Anda. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 1.000 miligram nutrisi penting setiap hari. Setengah cangkir porsi tahu diperkaya dengan kalsium mengandung sekitar 25 persen dari itu. Secangkir kedelai mengandung 261 miligram kalsium, ditambah 108 miligram magnesium.

2. Lemak Ikan
Susu, keju, yoghurt dan tahu tidak akan banyak gunanya jika tanpa ditambah vitamin D, yang membantu tubuh menyerap kalsium. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 600 unit internasional (IU) vitamin D setiap hari, menurut National Institutes of Health. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan lebih dari 500 IU per hari, 40 persen lebih rendah untuk mengalami patah tulang. Sebuah tiga ons porsi salmon sockeye di hampir 450 IU, sekaleng sarden mengandung 178 IU dan tiga ons tuna kaleng total sekitar 70 IU.

3. Kacang almond
Kacang almond- sama seperti minyak zaitun – kaya akan lemak sehat dan bagian dari diet Mediterania yang khas, meskipun studi baru menemukan hubungan kuat antara tulang sehat dan diet yang diperkaya dengan minyak zaitun daripada diet yang diperkaya dengan kacang-kacangan. Satu porsi, satu ons almond mengandung 80 miligram kalsium, tetapi juga paket hampir 80 miligram magnesium.Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 300 sampai 400 miligram per hari.

4. Sayuran berdaun Hijau
Vitamin K membentuk protein untuk melakukan pekerjaan mereka,” kata Sarah Booth, Ph.D., direktur Laboratorium Kesehatan Wanita di Tufts University di Boston. Makan lebih banyak vitamin ini, terutama ditemukan dalam makanan seperti lobak kangkung, bayam dan Swiss, erat kaitannya dengan rendahnya risiko patah tulang pinggul.

5. Kentang
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya kalium menetralkan beberapa penurunan dalam penyerapan kalsium yang terlihat pada diet khas Barat. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium sehari. Satu kentang manis sedang dengan kulit memiliki 542 miligram dan kentang putih sedang dengan kulit memiliki 751 miligram.

6. Pisang
Pisang merupakan makanan kaya kalium yang baik untuk tulang, namun sering kali diabaikan untuk masuk dalam daftar makanan diet.