Rambut rontok bagi sebagian orang menjadi masalah yang serius, kerontokan yang berlebihan akan berakibat pada kebotakan dan tentunya sangat menggangu penampilan.

Rudy Hadisuwarno menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok, diantaranya adalah :
* Kerontokan rambut dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan).
* bagi anda yang hobi mengecat rambut, ada kemungkinan alergi terhadap cat rambut. Sebaiknya sebelum mencat rambut, cat rambut diuji terlebih dulu dengan mengaplikasikan pada tangan dan dibiarkan untuk beberapa waktu.
* Beberapa ibu mengalami kerontokan rambut setelah melahirkan
* Rambut sebaiknya dalam keadaan kering dan tidak lembap, oleh karena itu tidak disarankan untuk memakai helm, topi atau kerudung untuk jangka waktu yang lama.
* Stres juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab kerontokan rambut.
* Menjalani terapi atau pengobatan

Menjaga kesehatan rambut sudah jadi hal mutlak agar kita bisa terhindar dari kerontokan, setidaknya meminimalisir kemungkinan rontok. Asupan vitamin seperti vitamin A, B, C dan E sangat penting untuk membantu kesehatan pertumbuhan rambut.

Hal – hal yang perlu di hindari untuk mencegah rambut rontok diantaranya, hindari kontak langsung dengan sinar matahari, berdasar penelitian sinar UV dapat merusak kulit kepala dan mencegah tumbuhnya rambut yang sehat.

Selanjutnya hindari mencuci rambut dengan air panas karena hal ini akan meneybabkan rambut menjadi rapuh, penggunaan hair dryer yang terlalu sering juga menyebabkan rambut menjadi rapuh dan tidak sehat. Dan hindari merokok, karena racun pada rokok dapat menghambat aliran darah ke kulit kepala.

Namun tidak perlu kuatir dengan masalah rambut rontok, berikut ada beberapa cara untuk mencegah rambut rontok secara alami :
Cara 1 :
Diamkan air teh kental selama semalam ( tanpa gula ), kemudian ke esokan harinya gunakan untuk membasahi kulit kepala sambil di pijat sampai merata dan diamnkan beberapa saat. Selanjutnya bilas dengan air bersih dan lakukan secara teratur 3 kali seminggu.

Cara 2 :
Gunakan minyak zaitun dan jojoba untuk memijat kulit kepala secara teratur, karena minyak tersebut dapat membantu pertumbuhan rambut baru.

Cara 3 :
Haluskan daun pare segar dan peras airnya, gunakan airnya untuk keramas dan diamkan selama 30 menit selanjutnya bilas hingga bersih.

Cara 4 :
Haluskan seledri beserta tangkainya secukupnya, kemudian oleskan pada kulit kepala sambil di pijat – pijat. Sebaiknya di lakukan setiap hari.

Cara 5 :
Gosokkan lidah buaya yang telah di kupas ke kepala hingga merata dan biarkan beberapa jam, lalu bilas hingga bersih. Lakukan rutin 3 kali seminggu.

Cara 6 :
Blender beberapa buah wortel sampai halus, kemudian peras airnya. Selanjutnya gunakan airnya untuk memijat kulit kepala, bungkus kepala dengan handuk dan diamkan semalaman. Bilas hingga bersih keesokan harinya.

Cara 7 :
Ambil tanaman lidah buaya yang berukuran besar dan tentunya yang memiliki daging yang banyak. Lalu lidah buaya tersebut kamu belah menjadi dua bagian dan ambillah daging nya. Lumuri seluruh bagian kepala kamu dengan lidah buaya tersebut hingga merata. Diamkan hingga sepuluh sampai lima belas menit. Kemudian cucilah sampai bersih. Lakukan secara rutin dua kali dalam satu minggu.