Pola makan dan gaya hidup modern mengambil peranan besar dalam penyebab kegemukan dewasa ini. Gaya hidup yang memaksa kita untuk terlalu sibuk beraktifitas di kantor tanpa memperhatikan pola makan dan olahraga memperparah ini semua. Berikut beberapa kebiasaan kita sehar-hari yang membuat tubuh sulit ramping, antara lain:

1. Nonton televisi sambil makan
Banyak orang yang menikmati makan malam sambil menonton televisi. Kebiasaan ini tanpa disadari sudah menumpuk lemak dan menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan.

2. Malas sarapan
Terburu-buru ke kantor membuat kita tidak sempat atau malas untuk sarapan. Karena tidak sarapan, akhirnya kita membeli camilan atau gorengan yang tinggi kalori dan tidak sehat. Kue-kue yang tinggi kalori dan gula biasanya tidak membuat kenyang, dan akhirnya tanpa disadari kita telah menghabiskan cukup banyak kue.

3. Makan sekaligus dalam porsi besar
Bila ingin menurunkan berat badan, maka makanlah kalori yang sesuai dengan berat badan ideal. Jangan berlebihan karena Anda hanya akan menumpuk lemak.

4. Terlalu banyak duduk
Ketika seseorang duduk, maka metabolismenya akan melambat. Hal tersebut disebabkan oleh enzim yang disebut lipoprotein lipase, yang berada di dalam pembuluh darah dari otot. Ketika seseorang berdiri, maka otot-otot postural yang menopang berat badan, terutama otot pada kaki akan melepaskan enzim tersebut yang bekerja membakar lemak.

5. Malas berjalan kaki
Bagi warga perkotaan yang dituntut untuk bergerak cepat kadang malas kalau harus berjalan kaki, dan lebih memilih untuk memakai kendaraan pribadi. Padahal fakta telah menunjukkan jalan kaki dengan kecepatan sedang merupakan salah satu latihan aerobik yang baik karena bisa membakar lemak dan mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke.