Posisi Tidur Ibu Hamil, adalah satu faktor yang perlu diperhatikan ibu hamil untuk mendapatkan kenyamanan saat beristirahat. selain itu Kebanyakan wanita hamil merasa kesulitan untuk tidur dengan nyenyak dan nyaman di malam hari. Padahal kualitas tidur ibu hamil sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin dalam kendungannya.
Berikut 10 tips untuk ibu hamil agar dapat tidur dengan nyenyak, seperti dilansir mom.me,:
1. Hindari makan makanan ringan ketika larut malam
Makan camilan terlalu larut membuat ibu hamil lebih lama terjaga dan menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut. Selesaikan makan 2 jam sebelum tidur untuk mencegah refluks asam atau mulas.
2. Gunakan bantal tambahan
Gunakan bantal tambahan untuk menopang kepala dan tubuh bagian atas sampai beberapa inci. Posisi ini memungkinkan gravitasi untuk mengurangi tekanan pada diafragma dan membantu mempermudah pernapasan ketika tidur bagi wanita hamil.
3. Kurangi aktivitas sebelum pergi tidur
Jangan melakukan aktivitas berat sebelum pergi tidur seperti membersihkan rumah. Beristirahatlah sejenak dengan duduk santai dan tinggalkan buku, koran, televisi atau sumber potensial dari kebisingan atau cahaya lainnya beberapa menit sebelum tidur.
4. Tidur dengan posisi menyamping
Tidur dengan posisi menyamping dapat mengurangi jumlah tekanan pada rahim dan membantu ibu hamil bernafas lebih baik. Posisi ini juga akan membantu meringankan sakit punggung.
Menurut American Pregnancy Association, tidur menyamping di sisi kiri dapat membantu meningkatkan jumlah darah dan nutrisi yang mengalir ke bayi.
5. Luangkan waktu untuk tidur siang
Sediakan waktu untuk tidur siang setiap harinya agar tubuh tidak terlalu lelah yang dapat juga dirasakan oleh bayi dalam kandungan.
Tetapi jangan tidur siang lebih dari 30 menit karena tidur siang lebih lama akan membuat tubuh memasuki tahap tidur nyenyak, menyebabkan ibu hamil sulit untuk bangun dan akan menimbulkan perasaan grogi.
6. Jangan membawa pekerjaan ke tempat tidur
Jangan melakukan pekerjaan di tempat tidur, seperti menanggapi email dengan laptop. Tubuh perlu mengetahui bahwa tempat tidur adalah tempat khusus untuk beristirahat, sehingga Anda perlu melatihnya.
7. Lakukan hal yang membosankan jika tidak bisa tidur
Jika Anda tidak bisa tidur, jangan memaksakan diri untuk tetap berbaring di tempat tidur. Bangunlah dan lakukan sesuatu yang mungkin membuat bosan selama beberapa menit.
Cobalah untuk berjalan di sekitar rumah atau melipat pakaian. Hal ini mungkin kedengaran aneh, tetapi tugas rumah tangga yang ringan seperti melipat baju kadang-kadang teras membosankan dan membuat mengantuk.
8. Buatlah tempat tidur lebih nyaman
Tempat tidur yang nyaman adalah kunci tidur yang sukses. Sediakan bantal lebih banyak yang dapat digunakan untuk menopang tulang belakang untuk meredakan sakit punggung. Pilihlah kasur yang baik dan memberikan dukungan yang nyaman bagi tubuh agar terhindar dari sakit punggung atau sakit otot.
9. Atur suhu kamar tidur
Panas tubuh akan meningkat selama kehamilan dan membuat Anda merasa kepanasan sepanjang waktu sehingga tidak bisa tidur. Anda mungkin perlu thermostat untuk mengatur suhu yang paling nyaman untuk tidur.
10. Matikan lampu
Jaga kamar dalam keadaan tenang dan gelap. Nyalakan lampu tidur dengan cahaya yang tidak terlalu terang dan jangan hadapkan sumber cahaya ke arah Anda tidur. Cahaya buatan dapat mengganggu tidur alami dan menghambat produksi hormon melatonin, yang dapat mengacaukan siklus tidur.
ref