Anda seorang penderita penyakit jantung? Maka Anda perlu mengetahui bahwa berhubungan seks memiliki pengaruh terhadap jantung. American Heart Association menerbitkan sebuah studi yang menyimpulkan bahwa hubungan seks umumnya baik untuk jantung.
Apa risiko dan manfaat dari aktivitas seksual pada jantung? Pertanyaan inilah yang menjadi subyek penelitian dari sebuah studi terbaru oleh American Heart Association, yang menghasilkan dua pemikiran. Pertama, bercinta adalah olahraga dan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung ketika Anda melakukannya. Kedua, dan bertentangan dengan pendapat pertama menyatakan bahwa berhubungan seks secara teratur dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.
Bingung? Sebenarnya hubungan seks baik untuk jantung, tetapi dengan pengecualian, yaitu hubungan seks tidak baik bagi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan jantung atau mengalami penyakit yang berhubungan dengan jantung.
Bila dalam melakukan hubungan seks Anda mengalami nyeri di dada, jantung berdebar dan sesak napas, mungkin sebaiknya Anda menghentikan hubungan seks. Ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melanjutkan aktivitas seksual.