Di artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan. Buah rambutan sangat terkenal di masyarakat karena rasa buahnya yang enak, manis dan menyegarkan. Tetapi manfaat buah rambutan untuk kesehatan nampaknya belum banyak diketahui secara luas. Padahal khasiat dari rambutan ini sangat banyak terutama untuk penyembuhan sariawan, kencing manis, dan demam.

Jenis dari buah rambutan cukup beragam, diantaranya ropiah, simacan, sinyonya, lebakbulus, binjei dan lain-lain. Sebenarnya bukan hanya bagian buah yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, tetapi bagian lain seperti kulit, daun, dan akar memiliki khasiat penyembuhan.

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan – Khasiat rambutan untuk mengobati penyakit kencing manis, dapat anda lakukan dengan menyiapkan 5 biji rambutan. Cuci bersih, kemudian gongseng biji tersebut di atas api sedang. Kemudian giling biji rambutan sampai menjadi bubuk atau serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas, setelah airnya dingin maka dapat diminum 2x sehari

Jika anda mengalami sariawan, anda dapat memanfaatkan kulit kayu rambutan sebanyak 3 ruas jari untuk mengatasinya. Caranya cukup mudah dengan mencucinya terlebih dahulu, lalu rebus dengan dua gelas air putih sampai tersisa satu gelas. Gunakan air hasil perasan tersebut untuk berkumur selagi hangat.

Untuk obat demam, anda dapat menyiapkan 15 gram kulit buah rambutan. Kemudian cuci bersih, lalu rebus dengan 3 gelas air putih selama kurang lebih 15 menit. Setelah direbus, air di diamkan hingga dingin, lalu saring. Air hasil rebusan dapat diminum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.