Artikel kali ini akan membahas tentang Manfaat Wortel. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang penampilannya cukup atraktif. Bagaimana tidak, bentuknya panjang, langsing dan warnanya yang orange membuat nampak “ngejreng” dibanding sayuran lainyang hijau standar. dibalik penampilannya yang menarik itu, ternyata  khasiat wortel dapat membuat para wanita tambah cantik dan sehat.

Dibandingkan dengan sayuran lain, wortel paling banyak mengandung beta karoten. penelitian mengungkap kandungan tinggi beta karoten wortel dengan pencegahan kanker, karena antioksidannya bisa melawan kerja destruktif sel-sel kanker. disamping itu pula beta karoten membantu sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan “killer cell” alami dalam tubuh. Salah satu kanker yang dapat  diatasi dengan wortel yaitu  kanker cervic atau leher rahim.

Untuk Kecantikan
Wortel dipercaya memiliki manfaat sebagai sayuran penghalus wajah. caranya, ambil 2-3 wortel dikupas, dicuci lalu parut dan peras airnya. Oleskan pada wajah , bisa juga setelah di parut langsung ditempelkan ke wajah sebagai masker. Trik dalam memakai masker wortel ini wajah jangan digerakkan seperti mengobrol atau makan agar masker tidak retak.

Untuk Kesehatan mata
Wortel juga banyak mengandung Vitamin A yang baik mengatasi keluhan pada mata, seperti mata min atau rabun senja.

Kandungan Pectin pada wortel sangat baik untuk menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi bermanfaat mencegah terjadinya konstipasi. kandungan kalium bisa menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin (racun).

Wortel mentah yang belum dimasak adalah sumber kaluim dan vitamin C.

7 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

1. Mengatasi sembelit
2 buah wortel yang masih muda cuci bersih dan parut. tambahkan 2 sendok makan air matang dan sedikit garam lalu peras. minum airnya 2 kali sehari.

2. menghaluskan kulit wajah
Ambil 2-3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. kemudian oleskan pada wajah sebagai masker.

3. mengatasi luka  bakar
tumbuk wortel hingga halus lalu oleskan pada luka bakar. lakukan hal ini sesering mungkin hingga luka tidak terasa panas lagi.

4. Mengobati batuk
Ambil 1 buah wortel lalu bersihkan, parut. beri beberapa sendok air panas dan peras. tambahkan sedikit gula aren, aduk hingga rata. sebaiknya diminum 2 kali sehari.

5. meredakan nyeri haid
250 gr wortel dicuci hingga bersih, potong- potong. tambahkan air sedikit lalu blender. usahakan meminum ramuan ini 2 kali sehari.

6. Mengatasi masalah hipertensi
500 gr wortel dicuci hingga bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang lalu blender. Saring dan minum segera. sebaiknya diminum rutin air wortel 3 kali sehari.

7. Mengatasi deman anak kecil
Ambil sedikitnya 200 gr wortel kemudian cuci bersih. parut dan peras sampai keluar sarinya. rebus air perasan, minum selagi hangat.

Nah untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal harus diperhatikan adalah jeli memilih wortel. pilih wortel yang berwarna agak muda dan terang , ini menandakan wortel tersebut masih segar. semoga membantu sobat arsipin sekalian.