Manfaat sinar matahari terhadap tubuh memang banyak, namun terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tidak baik, karena dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti, kanker kulit, alergi dan penuaan dini. Namun, ada beberapa orang yang memiliki kulit yang sangat sensitif terhadap sinar matahari.

Orang-orang yang memiliki kulit sensitif ini dapat mengembangkan reaksi alergi ketika terpapar sinar matahari. Hal ini juga bisa terjadi pada orang yang tidak alergi sekalipun. Tentu saja hal ini terjadi karena faktor-faktor tertentu. Berikut adalah empat faktor yang membuat kulit Anda menjadi sensitif terhadap sinar matahari:
Obat-obatan
Ada sejumlah obat yang meningkatkan sensitivitas kulit terhadap matahari dan menyebabkan reaksi berlebihan terhadap sinar ultraviolet. Seperti, kontrasepsi oral, obat non-steroid anti-inflamasi, antibiotik, diuretik, obat anti jamur, antihistamin, dan obat-obatan yang digunakan untuk mengobati kejang. Berkonsultasilah dengan dokter tentang obat-obatan yang Anda minum.

Minyak Atsiri dan Wewangian
Beberapa jenis tanaman, buah-buahan, dan sayuran mengandung furocoumarins, yaitu bahan kimia yang menyerap cahaya UV. Ketika bahan tersebut ditambahkan ke produk wewangian dan kulit kita terpapar sinar matahari, maka dapat menyebabkan kulit terbakar, ruam, dan perubahan pigmen kulit. Beberapa contoh tanaman yang mengandung furocoumarins adalah limau, peterseli, lemon, buah ara, dan sebagainya. Beberapa minyak esensial juga mengandung bahan-bahan yang meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Jadi hindari memakai produk wewangian, parfum, atau minyak esensial di bawah sinar matahari langsung.

Suplemen Herbal
Beberapa suplemen herbal dapat meningkatkan sensitifitas kulit. Contohnya tanaman St John’s wort yang digunakan sebagai suplemen herbal yang dapat mengakibatkan reaksi yang fatal. Beberapa tanaman seperti seledri, lobak, dan dandelion dapat menyebabkan reaksi pada beberapa orang, baik melalui kontak kulit atau setelah memakanya dan terpapar sinar matahari.

Beberapa Kondisi Medis
Penyakit dan kondisi medis tertentu dapat meningkatkan sensitifitas kulit terhadap sinar matahari. Lupus Eritematosus Sistemik merupakan contoh penyakit yang bisa menyebabkan reaksi yang serius. Kondisi medis lainnya yang bisa meningkatkan sensitifitas kulit adalah porfiria.

Jadi sebelum Anda pergi keluar dan terkena sinar matahari, ada baiknya Anda mempertimbangkan faktor-faktor diatas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.