Bila Anda terbiasa makan sampai kenyang, maka Anda akan lebih besar mengembangkan resiko obesitas. Menurut para ahli, otak manusia ternyata lambat dalam merespon rasa kenyang. Otak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit untuk merespon rasa kenyang. Karena itu, untuk mencegah kegemukan, lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Jangan makan terburu-buru
Bila Anda makan dengan tergesa-gesa, tubuh tidak akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan sinyal kenyang ke otak. Karena itu luangkan waktu paling sedikit 30 menit untuk menikmati makan Anda.

2. Kunyahlah lebih lama
Para peneliti di Cornell University menemukan bahwa orang yang mengunyah makanan hingga rata-rata 15 kali memiliki badan yang lebih kurus dibanding orang yang mengunyah makanan kurang dari 12 kali.

3. Minumlah air di sela-sela suapan
Minumlah air di sela-sela waktu makan Anda agar memperlambat waktu makan dan membantu otak merespon rasa kenyang.

4. Gunakan piring yang lebih kecil
Anda dapat mengurangi konsumsi kalori sekitar 20 persen dan kehilangan hampir 2 kilogram berat badan per bulan dengan beralih ke piring dengan diameter yang lebih kecil. Piring yang lebih kecil membuat Anda mengambil makanan dengan porsi yang lebih kecil juga.

5. Letakkan sendok di setiap suapan
Kebiasaan ini akan membuat Anda makan lebih lambat, sehingga akan lebih cepat merasa kenyang. Setiap kali menyuapkan makanan ke mulut, letakkan sendok dan garpu Anda sejenak dan kunyahlah hingga makanan benar-benar halus sebelum meraih sendok Anda kembali.

6. Makan sambil mendengarkan musik
Makan sambil mendengarkan lagu yang lembut dapat mendorong Anda lebih santai dalam mengunyah makanan, dan membuat otak dapat merespon rasa kenyang dengan lebih baik.

7. Nyalakan lilin beraroma vanilla
Lilin beraroma vanilla di meja makan telah terbukti dapat meredam keinginan seseorang untuk makan makanan penutup.