Keracunan makanan dapat terjadi kapan saja dan banyak faktor yang menjadi penyebabnya. Mulai dari kurang higienisnya bahan dan cara memasaknya hingga bahan-bahan kimia beracun di sekitar kita yang tidak sengaja tertelan atau mengkontaminasi makanan yang kita makan.

Korban keracunan harus segera ditangani, karena bila terlambat akan berakibat fatal. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama bila mendapati korban keracunan.

  1. Kurangi kadar racun yang masih ada di dalam lambung dengan memberi korban minum air putih atau susu sesegera mungkin. Jangan beri jus buah atau asam cuka untuk menetralkan racun. 
  2. Usahakan untuk mengeluarkan racun dengan merangsang korban untuk muntah. 
  3. Usahakan korban untuk muntah dengan wajah menghadap ke bawah dengan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak. 
  4. Jangan memberi minuman atau berusaha memuntahkan isi perut korban bila ia dalam keadaan pingsan.
  5. Jangan berusaha memuntahkan korban bila menelan bahan-bahan seperti pembersih toilet, cairan antikarat, cairan pemutih, sabun cuci, bensin, minyak tanah, tiner serta cairan pemantik api. Zat asam akan menyebabkan kerusakan lebih parah pada lambung atau esofagusnya jika dimuntahkan. Sedangkan produk BBM yang dimuntahkan dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan pneumonia. 
  6. Segera bawa korban ke rumah sakit terdekat. Sertakan pula informasi mengenai usia, jenis racun yang tertelan, berapa banyak racun yang tertelan, kapan peristiwanya terjadi, korban mengalami muntah atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa korban ke rumah sakit.