Bayi yang lahir prematur mungkin memerlukan perawatan khusus selama 2 tahun pertama mereka hidup. Hal ini terutama berlaku jika berat bayi yang ditimbang sangat kurang saat lahir.

Pertumbuhan Bayi Prematur Pertumbuhan dan Penanganannya

Segera bawa bayi Anda ke dokter segera setelah Anda dan bayi diperbolehkan meninggalkan rumah sakit. Dokter akan memeriksa berat badan bayi dan memeriksa keadaan bayi Anda dengan seksama.

Diskusikan dengan dokter Anda bagaimana solusi terbaik dalam menyusui bayi prematur ini. Dokter mungkin merekomendasikan vitamin, zat besi dan formula khusus jika Anda memberikan susu botol pada bayi Anda. Dokter memberikan vitamin untuk bayi prematur untuk membantu mereka tumbuh dan tetap sehat. Dokter mungkin juga akan meresepkan zat besi tambahan untuk bayi prematur selama setidaknya empat bulan. Pada empat bulan usianya, bayi prematur memiliki setidaknya jumlah yang sama dari zat besi bayi pada umumnya. Namun, dokter akan mengambil sampel tetes zat besi bayi prematur Anda selama satu tahun atau lebih untuk memastikan kandungan dan kualitas zat besi bayi Anda tetap terjaga.

Bayi prematur biasanya akan lebih kecil dari bayi normal pada umumnya untuk 2 tahun pertama kehidupannya. Karena itu perlu pencatatan khusus akan perkembangan bayi prematur Anda. Dokter juga perlu mengetahui seberapa aktif bayi, ketika bayi Anda duduk untuk pertama kalinya dan merangkak untuk pertama kalinya misalnya.

Imunisasi Bayi Prematur

Imunisasi yang diberikan pada bayi prematur, biasanya perlakuannya sama dengan bayi normal pada umumnya. Beberapa dokter mungkin merekomendasikan vaksin flu untuk bayi prematur ketika ia adalah usia 6 bulan. Ada kemungkinan bahwa bayi prematur akan menjadi sakit flu lebih sering daripada bayi yang normal. Dokter juga merekomendasikan seluruh anggota keluarga diberikan vaksin atau suntikan flu untuk membantu melindungi bayi prematur Anda di rumah.

Menyusui Bayi Prematur

Tepat setelah lahir, bayi prematur membutuhkan 8 sampai 10 kali menyusui per hari. Rentang waktunya sekitar 4 jam tiap kali menyusui. Bayi prematur sangat rentan terhadap dehidrasi. Menyusui bayi Anda lebih dari 4 jam dari saat terakhir ia menyusui dapat menyebabkan bayi prematur mengalami dehidrasi. Muntah juga sering menjadi masalah umum bayi prematur setelah disusui. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda jika bayi prematur Anda sering atau bahkan terlalu sering muntah setelah disusui. Dia mungkin tidak mendapatkan berat badan yang cukup jika hal ini terjadi.

Makanan Untuk Bayi Prematur

Empat sampai enam bulan setelah kelahiran, biasanya dokter baru akan menyarankan untuk mulai bisa memberikan makanan padat pada bayi Anda. Memberikan bayi prematur makanan padat sebelum waktu ini bisa menimbulkan bahaya tersedak. Bayi prematur membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengembangkan kemampuan untuk menelan. Jika bayi prematur memiliki masalah medis, dokter dapat meresepkan diet khusus untuk bayi Anda.