Vitamin B6 tersedia dalam makanan serta suplemen diet, vitamin B6 sangat penting untuk sejumlah fungsi tubuh. Mari kita lihat berbagai manfaat vitamin B6 untuk tubuh kita.

Apakah vitamin B6?

Vitamin B6 masih termasuk dalam keluarga vitamin B, yang juga dikenal sebagai vitamin B kompleks yang memainkan peran penting dalam mengubah makanan menjadi energi dan membantu metabolisme lemak dan protein dalam tubuh. Vitamin B juga penting untuk kesehatan rambut, kulit, hati, dan mata. Vitamin B6 atau pyridoxine juga termasuk salah satu dalam kelompok delapan vitamin.

Apa manfaat vitamin B6 untuk tubuh?

Vitamin B6 membantu banyak sistem dalam fungsi tubuh. Hal ini penting bagi fungsi kardiovaskular, fungsi pencernaan, sistem kekebalan tubuh, otot, dan saraf. Vitamin B6 juga merupakan salah satu vitamin yang diperlukan untuk perkembangan fungsi otak yang baik, serta membantu pembentukan hormon serotonin dan norepinefrin yang mempengaruhi fungsi hati. Vitamin B6 juga membantu tubuh membuat melatonin yang penting dalam tubuh.

Berapa banyak vitamin B6 yang kita butuhkan?

Semua vitamin B larut dalam air yang berarti bahwa vitamin ini larut dalam cairan tubuh. Sementara, jumlah yang tidak dibutuhkan tubuh, diekskresikan dalam bentuk urine – tubuh. Jumlah atau takaran yang tepat dari vitamin B6 yang Anda butuhkan tergantung dari usia, jenis kelamin, dan setiap keadaan khusus, seperti apakah Anda sedang hamil atau menyusui. Berikut ini adalah gambaran tentang berapa banyak jumlah takaran vitamin B6 yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari:

Anak-anak:

    * Baru lahir hingga 6 bulan: 0,1 miligram (mg) per hari Bayi 7 bulan sampai 1 tahun: 0,3 mg
    * Anak-anak 1 hingga 3 tahun: 0,5 mg
    * Anak-anak 4 hingga 8 tahun: 0,6 mg
    * Anak-anak 9 hingga 13 tahun: 1 mg
    * Anak laki-laki 14 hingga 18 tahun: 1,3 mg
    * Gadis 14 hingga 18 tahun: 1,2 mg

Dewasa:

    * Pria dan wanita 19 sampai 50 tahun: 1,3 mg
    * Pria 51 tahun dan lebih tua: 1,7 mg
    * Perempuan 51 tahun dan lebih tua: 1,5 mg
    * Wanita hamil: 1,9 mg
    * Menyusui perempuan: 2,0 mg

Apa sajakah sumber vitamin B6 yang baik untuk tubuh?

Sumber vitamin B6 yang baik termasuk daging sapi, unggas, ikan, dan telur. Makanan lain yang kaya akan vitamin B6 adalah biji-bijian, sereal, kacang-kacangan, kacang-kacangan, pisang, dan kentang.

Vitamin B6 biasanya disertakan dalam multivitamin dan dijual sebagai suplemen individu, yang dapat terdaftar sebagai piridoksal, pyridoxamine, pyridoxine hydrochloride, atau piridoksal-5-fosfat.

Tetap berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum menggunakan vitamin B6 sebagai suplemen untuk diet. Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B6 hingga 100 mg per hari dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan seperti mual, sakit perut dan bahkan gangguan neurologis.

Semoga bermanfaat.