Inilah strategi bijak menghadapi keadaan darurat yang umum terjadi pada si kecil :
1. KELILIPAN
Partikel debu atau bulu mata masuk ke bola mata.
YANG HARUS DILAKUKAN
Suruh anak mengedip beberapa kali untuk mengeluarkan kotoran dari mata. Anda bisa mencoba membersihkan perlahan dengan menarik kelopak mata atas dan bawah, atau gunakan obat tetes mata dan air. Jangan biarkan anak menggosok-gosok matanya, karena dapat menyebabkan partikel menggores kornea mata atau bahkan menusuk matanya.

2. MATA TERTUSUK BENDA KECIL
Serpihan kaca, besi, atau debu menusuk bola mata, menyebabkan sakit yang luar biasa, mata tergores, dan sensitif terhadap cahaya.
YANG HARUS DILAKUKAN
Jangan pernah mencoba mengeluarkan benda-benda kecil yang menusuk mata anak. Perlahan tutup matanya menggunakan kasa atau kain bersih. Anda dapat pula membuat pelindung mata dengan memotong kertas atau styrofoam yang lengkung menjadi dua bagian dan gunakan bagian dasar untuk menutup matanya. Segera bawa ia ke dokter atau UGD.

3. KORNEA TERGORES
potongan kertas, kuku, benda tajam atau debu menggores kornea mata, membuat si kecil merasa tidak nyaman.
YANG HARUS DILAKUKAN
Lindungi matanya dengan kain bersih, dan bawa ia ke dokter. Dokter mungkin akan memberi antibiotik untuk mencegah infeksi. Berikan si kecil ibuprofen atau asetaminofen untuk meringankan iritasi dan mencegahnya menggosok-gosok mata.

4. MATA TERPUKUL
Tanpa sengaja area seputar mata atau bahkan mata si kecil terpukul benda tumpul seperti jari, siku, atau bola.
YANG HARUS DILAKUKAN
Beri kompres yang dingin pada bagian mata. Angkat setiap sepuluh menit, kompres kembali selama sepuluh menit. Lakukan berulang. Usahakan agar anak dalam posisi duduk atau berdiri, jangan tiduran, untuk membantu mengurangi bengkak. Hati-hati untuk tidak menekan area yang terpukul karena bisa melukai. Jika ia mengeluh pandangannya menjadi buram, berbayang, atau bahkan timbul gumpalan darah di area putih mata, di bola mata (iris), atau di pupil, segera hubungi dokter atau bawa ia ke UGD.

5. TERPERCIK ZAT/CAIRAN KIMIA
Cairan pembersih rumah tangga atau zat kimia lainnya terpercik ke mata, menyebabkan sakit yang luar biasa, sensasi terbakar dan mata tergores.
YANG HARUS DILAKUKAN
Miringkan kepalanya ke satu sisi di wastafel dan gunakan gelas kecil atau mangkuk untuk menuangkan air hangat pada mata selama 15 sampai 20 menit. Perlahan buka lebar kedua kelopak matanya untuk memastikan air benar-benar membasuh mata. Anda juga bisa mengajaknya berdiri di bawah shower dan suruh mendongak sementara Anda menyiramkan air ke matanya. Bawa segera ke UGD. Jangan menutup matanya dengan kasa atau apapun.

6. KELOPAK MATA ROBEK
Digigit binatang, terkena ranting, mainan tajam merobek kelopak mata atau area seputar mata.
YANG HARUS DILAKUKAN
Cuci tangan Anda dan perlahan bersihkan area seputar mata dengan kain bersih yang telah dibasahi agar Anda dapat melihat lukanya dengan baik. Luka yang tidak dalam biasanya sembuh dengan sendirinya, tetapi jika robeknya cukup dalam dan darah terus mengalir, tutup matanya dengan kasa dan bawa ia ke UGD secepatnya. Akan dilakukan pemeriksaan mata untuk melihat apakah ada luka pada bola mata atau kelopak matanya.
(sumber : parentsindonesia.com)