Vagina dirancang untuk membantu seorang wanita memiliki dan menikmati seks, memiliki periode dan memiliki bayi. Tapi apa yang normal dari vagina dan apa yang tidak? Mari kita cari tahu bagaimana tiap-tiap vagina bisa berbeda.

Sama halnya seperti seorang manusia yang merupakan makhluk individu, vagina juga benar-benar individu dan mempunyai ciri-cirinya masing-masing. Jadi, tiap vagina mempunyai ciri khasnya masing-masing. Tidak ada dua yang sama.

Jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain. Vagina yang terlihat sepertinya normal bagi mereka, belum tentu normal bagi Anda. Anda dan vagina Anda adalah unik.

Vagina dan vulva

Beberapa organ seksual wanita berada di dalam tubuh (seperti rahim, ovarium dan vagina) dan beberapa organ luar. Organ eksternal yang dikenal sebagai vulva. Ini termasuk pembukaan vagina, bibir bagian dalam dan luar (labia) dan klitoris, yang terletak di bagian atas vagina.

Vagina adalah tabung sekitar 8cm (3inci) panjang, yang mengarah dari leher rahim ke vulva, di mana ia membuka antara kaki. Vagina sangat elastis sehingga dapat dengan mudah meregang. Contohnya saja ketika berhubungan seks atau selama proses persalinan.

Vagina bervariasi dalam bentuk, ukuran dan warna. Ada yang kecil dan ovoid (berbentuk telur), sebagian besar dan silinder, dan warna dapat bervariasi dari merah muda menjadi merah tua kecoklatan dan merah muda. Tapi semua normal dan sangat individual. Yang penting adalah bahwa vagina berfungsi normal.

Latihan dasar panggul dapat membantu menjaga bentuk vagina. Latihan ini juga baik untuk dapat meningkatkan fungsi seksual. Latihan yang normal juga membantu mempertahankan fungsi vagina yang baik. Sebaiknya Anda mencari tahu tentang latihan dasar panggul ini lebih banyak lagi, termasuk bagaimana untuk melakukannya secara baik dan benar.

Besar labia

Beberapa wanita khawatir tentang ukuran labia mereka (bibir luar vagina), tetapi sebenarnya tidak ada alasan untuk khawatir. Labia bervariasi dari wanita satu dengan wanita lainnya. Jadi, sebaiknya jangan menilai dengan standar orang lain.

Labia besar hanya masalah medis jika itu mempengaruhi kerja wanita itu, kehidupan sosial atau olahraga. Ukuran benar-benar tidak akan menyebabkan masalah bagi kebanyakan wanita. Namun, untuk pengendara sepeda, panjang dan ukuran labia dapat mempengaruhi kemampuan mereka untuk duduk nyaman di kursi. Namun, sedikit sekali wanita yang mengeluhkan hal ini. Jika Anda khawatir, diskusikan dengan dokter Anda.

Keputihan

Keputihan (lendir atau sekresi) pada vagina sebenarnya merupakan suatu keadaan yang normal. Tekstur dan jumlah debit sekresi dapat bervariasi sepanjang siklus menstruasi Anda. Jika debit yang normal vagina Anda menjadi berbeda, misalnya jika berubah warna atau berbau, ini bisa menjadi tanda ada infeksi pada vagina Anda.

Semoga membantu dan bermanfaat.