Balita Anda pasti akan memasuki masa dimulainya tumbuh gigi. Masa ini merupakan masa yang cukup penting bagi Anda untuk memperhatikan makanan yang mengandung nutrisi lebih untuk kesehatan mulut dan giginya. Berikut beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan Anda agar gigi balita Anda dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Jeruk 
Vitamin C yang terdapat pada buah-buahan seperti jeruk, kiwi, pepaya, stroberi, dan mangga dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan melindungi dari gingivitis. Selain itu, buah-buahan ini rendah gula, sehingga meminimalkan kemungkinan pembusukan gigi yang dapat terjadi.

Keju 
Selain kandungan kalsiumnya yang tinggi, keju juga mengandung fosfat yang bekerja bersama kalsium untuk menyeimbangkan pH dalam mulut anak. Mulut dengan pH yang tidak seimbang akan menjadi tempat yang kurang ramah bagi bakteri penyebab gigi berlubang.

Apel 
Makanan seperti apel dan wortel bersifat abrasif dan bertindak seperti sikat gigi mini yang memijat gusi dan membersihkan gigi serta langit-langit mulut. Mengunyah apel juga dapat memproduksi air liur lebih banyak untuk menyapu bakteri penyebab gigi berlubang.

Air putih 
Tidak seperti jus atau susu, air tidak memiliki efek pembusukan karena tidak mengandung gula, sehingga baik untuk membilas partikel-partikel makanan yang terjebak antara gigi. Air juga mengandung fluoride, yaitu mineral yang memperkuat enamel gigi.

Ubi jalar 
Ubi jalar merupakan sumber vitamin A yang membantu membentuk enamel gigi. Sumber vitamin A yang lain adalah wortel atau brokoli.