Kalau kemarin kita sudah membahas artikel mengenai vagina pada wanita, kali ini kita akan membahas mengenai penis pada pria.
Pria sering merasa khawatir bahwa penis mereka memiliki ukuran yang lebih kecil dari yang seharusnya. Kebanyakan sampai berpikir bahwa mereka tidak akan bisa memuaskan pasangan. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan pria meremehkan ukuran penis mereka sendiri. Ya, hal ini banyak terjadi pada kebanyakan pria.

Manusia selalu menempatkan bahwa ukuran penis memiliki arti yang sangat penting di dalam hidupnya, terutama dalam hal kehidupan seks mereka. Banyak kebudayaan mengasosiasikan ukuran penis dengan maskulinitas. Pria cenderung berpikir bahwa ukuran penis melambangkan kualitas seperti kejantanan, kesuburan, kemampuan kekuatan, dan keberanian.
Beberapa pria bahkan pergi ke dokter spesialis atau bahkan ke tempat pengobatan alternatif untuk mencoba untuk meningkatkan ukuran penis mereka. Mistik di India yang dikenal sebagai Sadhus telah dikenal suatu metode untuk meregangkan penis mereka sejak usia dini dengan menggantung beban di atasnya, sedangkan suku Topinama Brasil mendorong ular berbisa menggigit penis mereka untuk memperbesar penis mereka. Nah, apakah Anda juga akan melakukan hal-hal seperti itu?
Ketahui ukuran penis Anda
Pandangan kebanyakan pria mengenai penis mereka terbentuk selama masa kanak-kanak. Tumbuh, mereka mungkin melihat penis dari seorang teman, kakak atau ayah mereka dan lalu membandingkannya dengan ukuran penis mereka sendiri.
Ketakutan dan kecemasan tentang ukuran penis juga mungkin timbul karena faktor ejekan dari orang lain selama masa remaja atau komentar-komentar yang dapat membuat Anda tidak percaya diri dari pasangan seksual.
Namun, sangat sering pria memiliki perspektif yang salah pada penis mereka. Ketika Anda melihat ke bawah pada organ sendiri, tampaknya akan selalu lebih pendek daripada yang sebenarnya. Sebaliknya, ketika Anda melihat ke sekeliling pada orang lain di kamar ganti atau kamar mandi, Anda akan mendapatkan pandangan samping dari mereka. Jadi biasanya akan selalu tampak lebih panjang dan besar daripada kepunyaan Anda.
Untuk melihat ukuran penis Anda yang sebenarnya, berdiri dan lihatlah diri Anda sendiri di depan cermin. Penis tampak lebih panjang dan lebih besar daripada ketika diamati dari atas.

Pada tahap tertentu, anak laki-laki dapat juga menggunakan penggaris atau pita pengukur untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan penis mereka. Ada gunanya melakukan hal ini ketika penis lemas karena panjang penis yang lembek dapat bervariasi, misalnya tergantung pada bagaimana dingin atau suhu ruangan.

Untuk mendapatkan pengukuran yang tepat, lakukan ketika Anda sedang ereksi. Ukurlah dari pangkal penis, di sisi dekat ke perut, sampai ke ujung penis Anda.

Rata-rata ukuran penis yang normal

Tidak ada angka panjang rata-rata untuk remaja karena tiap orang tumbuh pada tingkat yang berbeda.

Untuk orang dewasa, ukuran penis rata-rata sekitar 14-16cm (5,5-6,3 inci) saat ereksi. Ketebalan rata-rata untuk penis yang sedang ereksi adalah 12-13cm (4,7-5,1 inci).

Penis seseorang dapat dikategorikan penis yang kecil jika ukurannya kurang dari 3 inci (7.6cm) panjang ketika ereksi.

Pengukuran didasarkan pada review dari 50 studi tentang ukuran penis yang dilakukan sejak 1942, yang di antara mereka telah diukur 11.531 penis.

Kajian ini dilakukan oleh Profesor Kevan Wylie, konsultan di bidang kedokteran seksual di University of Sheffield.

Ada variasi yang cukup banyak ketika penis sedang ereksi. Beberapa penis tegak menunjuk lurus ke atas, yang lain lurus ke bawah. Beberapa orang memiliki penis yang sedikit menekuk ke kiri atau kanan. Jika Anda memiliki tikungan yang lebih signifikan dalam penis Anda yang mungkin menyebabkan Anda sakit atau kesulitan berhubungan seks, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Kadang-kadang, ini bisa menjadi gejala penyakit Peyronie.

Penis masing-masing individu unik dan akan terus berkembang pada usia yang berbeda dan tingkat yang berbeda pula. Selama pubertas, biasanya antara usia 11 tahun dan 18 tahun, penis dan testis berkembang lebih cepat, meskipun penis tidak berhenti tumbuh sampai usia 21.

Banyak pria terkadang tidak puas dengan ukuran penisnya

Terlepas dari ukuran sebenarnya, banyak pria yang masih tidak senang atau kurang puas dengan ukuran kejantanan mereka.

Laporan sebuah studi survei berbasis internet lebih dari 50.000 pria dan wanita, yang mengungkapkan bahwa 45% pria ingin penis yang lebih besar. Laporannya menyimpulkan bahwa kekhawatiran yang berlebihan tentang ukuran penis lebih tinggi di antara pria dengan penis berukuran rata-rata dibandingkan pria dengan penis yang kecil.

Apa yang wanita pikirkan?

Sebuah studi juga menemukan perbedaan antara apa yang pria dan wanita inginkan. Sebuah persentase yang lebih tinggi dari wanita (85%) merasa puas dengan ukuran penis pasangan mereka daripada persentase pria (55%) yang puas dengan ukuran penis mereka sendiri.

Masalah daya tarik bagi wanita adalah kompleks. Namun, kebanyakan studi menunjukkan bahwa ukuran penis jauh lebih rendah di bawah daftar prioritas bagi wanita dibandingkan isu-isu seperti kepribadian pria dan perawatan organ vital mereka. Hal ini mungkin timbul sebagai dampak yang mengejutkan bagi beberapa pemuda, namun kebanyakan wanita memiliki minat sangat sedikit dalam hal ukuran penis dan hal ini telah ditunjukkan dalam berbagai studi dari waktu ke waktu.

Jika Anda masih khawatir

Konseling telah terbukti bermanfaat untuk pria yang memiliki kecemasan dengan ukuran penis mereka. Terapi membantu pasien mengidentifikasi dan memperbaiki pandangan yang menyimpang tentang penis mereka, membangun kepercayaan diri dan mengatasi ketakutan tentang hubungan seksual. Terapi memungkinkan para pria untuk mengatasi kecemasan mereka tentang kejantanan mereka.

Ya, inilah fakta yang mudah-mudahan dapat membantu Anda agar tidak lagi merasa terlalu khawatir dengan ukuran kejantanan Anda. Semoga bermanfaat.