Tanda-Tanda Kehamilan – Ketika menstruasi berhenti beberapa minggu kedepan, setelah hubungan suami istri, pasti para calon ibu penasaran, kira-kira hamil nggak ya..? Untuk mengetahui hamil tidaknya sang calon ibu bisa diketahui dengan merasakan gejala dan perubahan yang terjadi pada tubuh sang ibu, seperti :

1. Terlambat Menstruasi
Jika Anda mengalami terlambat menstruasi setelah berhubungan, bisa jadi Anda sedang hamil. Ini adalah deteksi kehamilan yang paling mudah.
2. Suhu Tubuh Meningkat
Jika Anda mengalami suhu tubuh meningkat, dan terjadi peningkatan selama lebih dari 2 minggu, berarti Anda sedang hamil.
3. Hidung Yang Sensitif
Jika Anda sensitif terhadap bau-bauan tertentu sehingga Anda merasa mual, itu adalah tanda tubuh Anda mengalami perubahan disaat hamil.
4. Perubahan Emosional
Terkadang Anda mudah  marah-marah, mudah sedih. Perasaan yang berubah-ubah ini adalah dampak dari pembentukan hormon-hormon baru disaat Anda mengalami kehamilan.
5. Muncul Bercak
Tidak usah khawatir jika muncul bercak yang lebih sedikit dari menstruasi. Hal itu akibat dari menempelnya sel telur ke dinding rahim, sehingga menimbulkan pendarahan ringan.
6. Sakit Kepala
Perubahan hormon di saat hamil mengakibatkan sakit kepala, hati-hati jika mengkonsumsi obat pereda sakit kepala, carilah obat yang berlingkar hijau dan mengandung parasetamol.
7. Sakit Punggung
Punggung akan terasa sakit dan mengalami masalah di bagian ligamen, padahal sebelumnya Anda tidak pernah sakit punggung.
8. Perut Kram
Kram yang terjadi di bawah perut, merupakan bentuk penyesuaian atas kehadiran si jabang bayi.
9. Nafsu Makan
Nafsu terhadap makanan tertentu dan tidak nafsu makan, merupakan tanda-tanda bahwa Anda sedang  hamil
10. Perut Membesar
Jika Anda merasakan perut semakin membesar dan sulit BAB, maka ini akibat dari hormon progesteron yang mengakibatkan menurunnya sistem pencernaan.
11. Sering Buang Air Kecil
Rahim yang berkembang akan menekan kandung kemih, sehingga dirasa ingin buang air kecil, selain itu tubuh juga memproduksi banyak cairan, sehingga kandung kemih akan selalu terisi.
12. Mual Di Pagi Hari
Mual di pagi hari dialami oleh sebagian besar wanita hamil, walaupun ada yang mual di malam hari, akan tetapi jarang terjadi
13. Mudah Lelah
Hormon yang meningkat mengakibatkan tubuh cepat lelah, hal ini terjadi selama trimester pertama.
14. Payudara Membesar
Payudara membesar secara alami, areola menghitam, dan munculnya pembuluh darah di sekitar payudara.
15. Terengah-engah
Disaat hamil paru-paru dan diafragma ibu hamil akan tertekan, dan kebutuhan oksigen pada bayi juga dibutuhkan, hal ini yang menyebabkan sang ibu terengah-engah di saat menjalankan berbagai aktifitas.