PayudaraPayudara sebagai Organ Seks Sekunder – Setelah mengalami pubertas, maka akan terjadi perubahan besar pada Sistem Reproduksi kita. Perubahan tersebut ada yang dapat dilihat dari luar, misalnya payudara yang makin besar pada remaja perempuan. Remaja perempuan bisa merasa bangga dan berdebar-debar karena membesarnya payudara atau bahkan merasa minder. Kedua perasaan ini normal adanya. Pembesaran payudara ini beragam kecepatannya pada remaja perempuan, ada yang tumbuh dengan cepat ada yang lebih lambat.

Fungsi utama dari payudara adalah untuk menghasilkan susu bagi bayi. Payudara terdiri atas jaringan lemak dan kelenjar susu beserta salurannya. Saat wanit a hamil payudara membesar akibat
bertambahnya kelenjar susu sebagai persiapan untuk kelahiran bayi. Pada saat melahirkan kelenjar-kelenjar susu itu akan menghasilkan susu dan saluran susu menghantarkannya ke putting untuk dihisap oleh bayi. Paudara tidak dilengkapi dengan otot sehingga payudara tidak bisa diperbesar dengan latihan. Otot hanya terdapat di lapisan bawah pada dinding dada.

Ukuran dan Bentuk Payudara

Ukuran payudara sendiri bervariasi pada setiap perempuan, ini ditentukan oleh factor keturunan. Disamping itu payudara yang besar juga dimiliki oleh perempuan yang berbadan gemuk. Payudara tumbuh dalam lima (5) tahap. Tahap-Tahap tersebut antara lain :

Tahap 1 : Dada masih tampak rata, hanya putting susu yang menonjol

Tahap 2 : terjadi saat usia 8-12 tahun. Pada tahap ini mulai tumbuh kuncup payudara, tumpukan jaringan yang berkembang di putting susu. Ini adalah petanda pertama tumbuhnya payudara. Pertama kali rasanya memang tidak nyaman.

Tahap 3 : Payudara terus berkembang. Putting susu semakain besar dan gelap. Pada saat ini biasanya waktu mulai memakai BH

Tahap 4 : Pada saat ini putting susu membentuk tumpukan lain yang terpisah dari payudara. Pada tahap ini payudara juga menjadi semakin besar.

Tahap 5 : Payudara telah mencapi ukuran final.
Wanita akan melalui kelima tahapan tersebut. Ada juga yang melompati satu tahapan dan itu tetap tergolong normal.

Seringkali perempuan mengeluh payudaranya tidak sempurna atupun bentuknya tidak bagus. Anggapan itu tidaklah benar. Tidak ada payudara yang sempurna. Setiap payudara wanita itu unik. Sebaiknya harus diterima apa adanya dan harus disyukuri walaupu merasakan payudara kalian lebih kecil atau lebih besar dari yang seharusnya ataupun bentuknya yang menurut kalian tidak bagus. Sadarilah bahwa fungsi utama payudara itu adalah untuk memproduksi air susu. Besar kecilnya, bagus tidaknya bentuknya tidak mengurangikemampuan menyusui. Tidak ada krim ataupun obat untuk memperbesar ukuran payudara.
Perlu dipahami juga disini bahwa ukuran payudara kanan dan kiri kadang-kadang tidaklah sama dan ini juga sering membuat remaja perempuan khawatir. Hal itu adalah wajar karena sebagian perempuan salah satu payudaranya berkembang cepat, kemudian payudara yang satu menyusuk belakangan. Tetapi ada juga yang tidak demikian sehingga ukuran payudara kanan dan kiri tidak sama. Biasanya hal itu tidak nampak, tetapi ada juga yang mencolok. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan, belum tentu orang lain menyadarinya. Atau agar tidak khawatir gunakanlah busa BH pada bagiabn yang lebih kecil sehingga kelihatan seimbang.
Kadang-kadang pada payudara kita lihat seperti garis putih atau ungu di kulit, biasanya kelihatan pada payudara perempuan yang tumbuhnya lebih cepat. Garis-garis ini adalah garis peregangan kulit yang muncul akibat kulit meregang karena pertumbuhan payudara yang cepat. Garis-garis ini akan menghilang seiring waktu.

Putting Susu

Putting susu saat pubertas warnanya akan bertambah gelap dan membesar. Putting susu akan terlihat dua bagian yaitu putting susu yang sesungguhnya berupa tonjolan di tengah dan lingkaran kulit berwarna gelap yang mengelilingi putting susu yang disebut aerola

Ukuran dan warna putting susu juga bervariasi, ada yang besar dan ada yang kecil, ada yang merah muda, cokelat bahkan cokelat kehitaman. Warna putting susu tergantung kulit. Putting susu ada yang menonjol dan ada juga yang terbalik. Putting susu terbalik artinya putting susu tidak muncul tetapi masuk ke dalam. Biasanya akan normal saat pubertas. Ada juga yang terus terbalik, dan ini normal adanya hanya saja proses menyusui jadi lebih susah.

Kadang-kadang putting susu juga ditumbuhi rambut, dan ini normal. Tidak usah dicabut karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Menjaga Kesehatan Payudara

Sebagai remaja sebelum berusia 18 tahun payudara tidak perlu diapa-apakan. Saat berumur 18 tahun mulai melakukan SADARI, Periksa Payudara Mandiri. Mengenai artikel ini akan dibahas lebih lanjut. Kadang-kadang dijumpai adanya benjolan di payudara ataupun keluar nanah dari putting, ini harus disadari secepatnya dan segera periksakan ke dokter.