Cemilan yang sehat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, kenaikan berat badan, mengatur suasana hati, meningkatkan kekuatan otak dan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk terus beraktifitas sepanjang hari.
Menahan dorongan untuk ngemil, ambil saja contoh burger, permen, atau keripik terlalu sering dapat membuat perbedaan besar dalam kesehatan Anda, terlepas dari usia Anda.
Nutrisi yang baik adalah kunci untuk gaya hidup sehat Anda dan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.
Cemilan yang Sehat dan Pengendalian Berat Badan
Menghindari kelaparan ekstrim meningkatkan kemungkinan bahwa Anda akan memilih cemilan sehat daripada merampok kotak donat di ruang istirahat atau makan berlebihan saat makan.
Seorang ahli gizi di Canyon Ranch SpaClub di Las Vegasyang bernama Megan Mullin, merekomendasikan bahwa kliennya makan makanan kecil setiap tiga sampai lima jam dan  menahan keinginan untuk makan berlebihan. Jika Anda dapat menyesuaikan asupan makanan Anda dengan kalori yang Anda keluarkan, pengendalian berat badan Anda akan dapat lebih baik lagi.
Kunci lainnya adalah menjaga makanan ringan yang sehat. Cara terbaik untuk menghindari makan makanan yang tidak terlalu dibutuhkan oleh tubuh. Ini adalah cara terbaik untuk tidak menyimpan lemak di sekitar tubuh Anda. Untuk alasan yang sama Anda tidak seharusnya pergi berbelanja ketika Anda lapar karena Anda dapat cenderung membeli banyak hal (makanan) yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan.
Selanjutnya, kita selalu dianjurkan untuk berpikir tentang makanan sebagai bahan bakar untuk tubuh kita. Sebagai ilustrasi, makanan ringan bergula seperti permen seperti bahan bakar yang berjalan panas dan mengeluarkan api. Mereka memberikan sentakan energi yang cepat yang diikuti oleh kecelakaan yang bisa membuat Anda lapar, rewel, mengantuk, dan tidak mampu berkonsentrasi. Cemilan sehat lebih seperti pembakaran bahan bakar yang lambat yang membantu Anda terus beraktifitas sepanjang hari. Jika Anda mengkonsumsi protein dalam makanan Anda, Anda akan mendapatkan dorongan mental ekstra karena protein sarat makanan seperti ikan, daging, telur, keju, dan tahu mengandung asam amino yang meningkatkan produksi neurotransmitter yang mengatur konsentrasi dan kewaspadaan.
Banyak dari kita secara alami membutuhkan karbohidrat ketika kita merasa sedih karena karbohidrat membantu memperbaiki suasana hati kita dengan meningkatkan serotonin kimia otak. Sementara makanan olahan seperti dan cookie atau biskuit memberikan asupan karbohidrat tinggi secara cepat, namun diikuti dengan penurunannya yang juga cepat. Sedangkan buah, gula, madu, susu, biji-bijian, dan banyak sayuran dapat memperbaiki suasana hati dan kelelahan tanpa efek roller-coaster, seperti halnya makanan olahan tadi.
Omega 3 juga merupakan nutrisi yang baik untuk dimasukkan dalam cemilan Anda. Baik bagi jantung Anda serta kesehatan kepala Anda. Tuna, walnut, dan beberapa makanan lainnya yang mengandung omega 3, membantu melawan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, serta depresi dan kecemasan. Efek dari omega 3 juga sedang dipelajari hubungannya dengan sejumlah kondisi kesehatan lainnya, termasuk penyakit sendi, skizofrenia, dan attention deficit hyperactivity disorder.