Salah satu bagian tubuh dari wanita yang membutuhkan perhatian lebih untuk menjaga dan merawatnya adalah payudara. Perubahan hormon dan pertambahan usia sangat berpengaruh bagi perubahan bentuk dan ukuran dari payudara. Berikut beberapa cara untuk merawat payudara agar tetap sehat sesuai dengan golongan usia:

1. Wanita usia 30 tahun 
Pada usia ini tingkat elastisitas payudara masih tergolong baik dan kencang. Payudara biasanya akan bertambah besar bila wanita tersebut hamil dan berkurang ½ cup setelah melahirkan atau memberikan ASI. Fenomena ini disebut dengan breast involution. Untuk menjaga kesehatan payudara saat usia 30-an, sangat disarankan untuk menggunakan bra dengan ukuran yang pas, khususnya pada saat berolahraga, agar payudara tidak turun dan tetap kencang. Sedangkan untuk mencegah resiko kanker payudara, disarankan untuk tetap menyusui dan melakukan pemeriksaan dini kanker payudara.

2. Wanita usia 40 tahun 
Pada usia ini biasanya payudara akan mengalami peningkatan lemak sehingga payudara cenderung mulai turun dan tidak terlalu kencang lagi. Di usia ini juga biasanya akan terjadi penurunan kekuatan otot punggung sehingga tubuh menjadi cenderung bungkuk dan berakibat terhadap bentuk payudara. Karena itu wanita disarankan untuk membiasakan dirinya berdiri dan duduk dengan posisi tubuh tegak serta bahu rileks agar kesehatan dan bentuk payudara tetap terjaga dengan baik.

3. Wanita usia 50 tahun
Perubahan hormonal pada wanita di usia 50-an tahun menyebabkan lemak menumpuk di beberapa bagian tubuh, terutama di perut, wajah dan payudara. Hampir semua jaringan payudara diganti dengan lemak dan kulit kehilangan elastisitasnya sehingga menjadi kendur. Tidak ada cara untuk menyelamatkan seseorang dari kondisi payudara yang kendur, tapi jika melakukan latihan dada sebanyak 2-3 kali dalam seminggu bisa meningkatkan aliran darah dan memperkuat otot yang mendasarinya. Di usia ini juga sangat disarankan untuk melakukan mammogram agar dapat mendeteksi adanya kanker pada payudara.