Ibu Hamil tidak boleh makan coklat karena takut mengalami obesitas pada kehamilan? Jangan salah! untuk Anda yang senang ngemil cokelat tidak perlu khawatir dengan kegemukan justru kebiasaan ngemil cokelat ini ternyata sangat bermanfaat.

Khasiat coklat untuk ibu hamil ternyata sangat luar biasa. Menurut Dr. Elixabeth W.Trice dari Yale University, New Haven, Connecticut, makan coklat dapat membantu mencegah komplikasi kehamilan serius yang dikenal Preeklamsia. Dark coklat mengandung zat kimia yang disebut theobromine dimana fungsinya dapat menstimulasi jantung, merilekskan otot otot, dan memperbesar pembuluh darah.

Ibu hamil yang suka ngemil coklat 5 kali dalam satu minggu 40% cenderung tidak mengalami preeklamsi atau memiliki risiko lebih rendah pada preeklamsi. Preeklampsia (sering disebut keracunan kehamilan) adalah suatu kondisi di mana wanita hamil mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi) yang disertai tingginya kandungan protein dalam urin. Kondisi ini berbahaya karena bisa jatuh pada kondisi serangan kejang (eklampsia).

Apabila sudah terlanjur mengalami Preeklampsia atau Gestasional Hipertensi yang lain sebenarnya pembatasan kalori, cairan, diit rendah garam tidak mencegah atau mengurangi hipertensi bahkan dapat membahayakan janin, jadi ibu hamil tetap harus makan makanan yang bergizi dengan kalori yang terukur, salah satunya adalah dark coklat ini.

Jadi Anda tidak perlu merasa bersalah ngemil coklat karena justru sangat bermanfaat bagi kehamilan Anda.
Beberapa bukti lain mengenai khasiat coklat untuk wanita hamil adalah sebagai berikut :

  • Coklat bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan pembuluh darah tetap elastis.
  • Wanita hamil yang ngemil coklat cenderung lebih “happy” karena kandungan dalam coklat ada senyawa yang mengantarkan rasa bahagia.
  • Coklat memiliki antioksidan yang tinggi sehingga baik bagi tubuh.
  • Kemampuan coklat menurunkan tekanan darah akan membuat mood ibu hamil lebih baik dan lebih stabil.
  • Mengkonsumsi coklat secara teratur bisa merawat kulit ibu hamil lebih halus dan melindunginya dari sinar matahari.
  • Coklat yang dikonsumsi bisa menghalau penyakit pada ibu hamil karena meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Coklat mampu meningkatkan libido, sehingga ibu hamil tetap bisa melakukan aktivitas seks tanpa merasa terganggu.
  • Coklat mampu menghilangkan stress hingga tingkat depresi.

Khasiat coklat ini dikarenakan coklat mengandung molekul psikoaktif yang membuat orang yang mengkonsumsinya merasa bahagia dan nyaman.
Namun, walau bermanfaat Anda tetap harus menjaganya supaya tidak berlebihan karena bisa rawan terkena diabetes. Kandungan gula dalam coklat yang menyebabkan diabetes. Khasiat coklat untuk wanita hamil memang luar biasa namun tentu dalam takaran yang tepat, jika sudah over dosis akan memberikan efek buruk tertentu. So jangan ragu makan dark coklat saat hamil!

Salam Sehat
sumber : dokteraidil.blogspot.com