Memberikan nama bagi seorang bayi bukanlah satu hal mudah. Ada yang perlu menunggu ‘wangsit’ dan ilham demi mendapatkan satu nama indah yang sarat makna. Pokoknya, tidak ada istilah ‘Apalah arti sebuah nama’ bagi orang Indonesia. Apalagi arti nama-nama bayi. Arti dan makna nama tersebut harus indah dan mengandung harapan. Selain itu, juga perlu ditelusuri asal kata dan siapa saja yang pernah menyandang nama itu agar di kemudian hari sang anak tidak menjadi bahan olokan teman-temannya.

Orangtua bisanya mempersiapkan nama bagi sang calon buah hati jauh-jauh hari sebelum sang jabang bayi lahir. Ada juga yang meminta orang-orang sekitarnya agar memberikan ide atau paling tidak menyumbangkan setitik jalan ke arah ide terbaik bagi nama sang bayi. Nama-nama itu tak jarang berasal dari nama orang-orang yang dianggap mulia dan telah melakukan banyak hal bagi orang banyak, ataupun nama-nama yang berasal dari berbagai bahasa yang ada di dunia.

Arti Nama-Nama Bayi Laki-Laki dari Bahasa Arab

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa nama yang baik untuk anak laki-laki muslim adalah Muhammad, Ahmad, dan nama-nama lain yang mempunyai makna penghambaan, seperti Abdullah, Abdul Rahman, ataupun Abdul Rohim. Makna pemberian nama-nama tersebut adalah bahwa sang bayi diharapkan akan mempunyai kepribadian seperti Nabi Muhammad saw.

Memberikan nama yang baik adalah salah satu kewajiban orangtua. Itulah salah satu faktor yang membuat banyak orangtua mencari arti nama-nama bayi laki-laki berdasarkan banyak referensi. Selain tentu saja melihat berbagai situs yang menyediakan informasi tentang arti nama-nama bayi laki-laki, mereka juga pergi ke para orang alim atau orang yang dianggap dituakan dan dihormati.

Beberapa nama yang berasal dari bahasa Arab misalnya Raihan yang artinya tumbuhan yang harum, Aziz yang artinya gagah, Umar yang merupakan salah satu khalifah. Ketiga nama ini biasanya dipilih karena nama-nama tersebut dianggap sangat mewakili sifat kelaki-lakian.

Ada pula orang tua yang menamakan bayi laki-lakinya dengan nama-nama 10 orang sahabat Rasulullah yang pasti masuk surga. Nama-nama tersebut dipilih dengan harapan bahwa sang bayi akan meneladani sifat-sifat kesepuluh sahabat tersebut. Kesepuluh nama sahabat yang pasti masuk surga itu, adalah:

  • Abu Bakar Assidiq
  • Umar bin Khattab
  • Utsman bin Affan
  • Ali bin Abu Tholib
  • Thalhah bin Ubaidillah
  • Azzubair bin Awwam
  • Abdurrahman bin Auf
  • Saad bin Abi Waqqash
  • Said bin Zaid
  • Abu Ubaidah Ibnul Jarrah


Arti Nama-Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Arab

Untuk bayi perempuan, biasanya orangtua akan memilihkan nama yang cantik. Sebenarnya nama itu cukup satu kata saja. Para nabi dan sahabat saja namanya hanya terdiri atas satu kata, seperti Nabi Adam, Nabi Nuh, Nabi Idris, hingga Nabi Muhammad. Begitu pun dengan para sahabat perempuan dan istri nabi. Lain halnya dengan orang Indonesia yang senang memberi nama yang mempunyai makna begitu indah hingga kadang ada satu bayi yang namanya terdiri hingga empat kata atau lebih.

Salsabillah, Atikah, Aisyah, Asyiah, Salma, dan Asma adalah di antara nama-nama yang indah untuk bayi perempuan. Salsabilah artinya air mancur, Atikah adalah nama seorang wanita istri syuhada, dan Aisyah merupakan istri kesayangan Rasulullah yang terkenal dengan kecerdasannya.

Selanjutnya, Asyiah adalah nama istri Firaun yang tetap beriman walaupun suaminya mengaku sebagai tuhan. Salma artinya kekasih hati, dan Asma adalah anak perempuan Abu Bakar As Sidiq yang mengantarkan makanan untuk ayah dan Rasulullah ketika mereka berada di tempat pengungsian. Sedangkan Asma terkenal dengan keberaniannya.

Arti Nama-Nama Bayi Laki-Laki dalam Bahasa Asing Lainnya

Tidak sedikit juga orangtua yang memberi nama bayi mereka dengan nama-nama berbau kebarat-baratan, misalnya, Toni atau Tony, Anton, dan Andy. Toni atau Tony artinya orang yang rajin berdoa. Kata ‘Tony’ ini berasal dari bahasa Latin. Anton dalam bahasa Jerman berarti orang yang memberikan kasih sayang kepada orang miskin dan orang sakit. Sedangkan Andy artinya jantan dan kuat (Yunani).

Selanjutnya, Toni atau Tony dalam bahasa Indonesia bisa juga diartikan seseorang yang teguh, bijaksana, berpengaruh, dan cukup berkuasa. Alex merupakan sebuah nama yang cukup populer berasal dari bahasa Jerman, yang artinya seorang penolong.
Arti Nama-Nama Bayi Perempuan dari Bahasa Asing Lainnya

Ada juga nama-nama bayi perempuan lain yang terdengar seperti kata asing, misalnya Belle dari bahasa Perancis yang artinya gadis yang cantik. Selain itu, ada juga Alena dari bahasa Irlandia yang artinya juga gadis yang cantik. Aghnia yang juga dari bahasa Irlandia memiliki makna bersih dan suci. Ailsa dari bahasa Ibrani berarti wanita yang taat kepada Tuhan.

Ada pula nama bayi perempuan yang diambil dari bahasa Latin yang berasal dari nama tanaman. Oriza Sativa (padi) adalah salah satu nama yang cukup sering disematkan kepada seorang bayi perempuan. Oriza Sativa dianggap seperti nama Dewi Sri yang merupakan pelindung padi. Padi adalah makanan pokok orang Indonesia. Dengan menyandang nama bahan pokok ini, orangtua si bayi mengharapkan bahwa anaknya kelak tidak akan hidup dalam kekurangan dan sejahtera selamanya.

Olivia, yang berasal dari kata ‘olive’ atau zaitun, juga merupakan salah satu nama tumbuhan yang sering diberikan kepada seorang bayi perempuan. Zaitun adalah tumbuhan yang diberkahi sehingga semua hal yang ada di pohon zaitun itu penuh manfaat.

Minyak zaitun, contohnya, adalah minyak ajaib yang dipakai dalam memasak sekaligus untuk obat dan bahan kosmetika yang bernilai tak terhingga. Mulai dari rambut kering, wajah kurang cerah, hingga penghalus kulit, gatal-gatal, hingga membantu pencernaaan. Manfaat zaitun yang luar biasa inilah yang diharapkan juga berimbas kepada bayi perempuan yang diberi nama Olivia tersebut.


Arti Nama-Nama Bayi Menurut Bulan Kelahiran dan Peristiwa Penting

Di antara kata-kata yang menyusun satu nama bayi, tidak jarang ditemukan singkatan nama bulan ketika bayi tersebut dilahirkan.

Misanya, Junda yang merupakan singkatan dari Juni dua, artinya bahwa sang bayi terlahir pada bulan Juni tanggal dua. Selain itu, ada juga Novi untuk November, Agus untuk Agustus, Febri untuk Februari, Januar untuk Januari, Mei untuk Mei, Desi untuk Desember, Okta untuk Oktober, Septi untuk September, Marti untuk Maret, dan Apri untuk April.

Ada pula nama yang merupakan singkatan dari satu kejadian penting dalam sejarah. Misalnya, Imam Rahfi yang diartikan sebagai Imam rahmat reformasi. Anak laki-laki ini lahir pada saat gaung reformasi sedang marak diteriakan. Selain itu, ada juga Marti (Maret tanggal sebelas Supersemar), bayi perempuan yang lahir ketika peristiwa Supersemar atau surat perintah sebelas maret dikeluarkan.

Arti Nama-Nama Bayi yang Terindah

Nama bayi dengan makna yang terindah adalah nama yang bisa memberikan keteduhan dan romantisme bagi orang-orang yang ada di sekitar bayi tersebut. Tidak jarang, setiap orang yang merasa penting dalam kehidupan sang bayi menginginkan namanya ada dalam nama bayi tersebut. Dalam hal ini, orangtua sang bayi tak ingin ketinggalan. Mereka berusaha membuat singkatan nama yang pas untuk jenis kelamin anaknya.

Misalnya, Suci, nama bayi perempuan yang juga merupakan singkatan dari nama orangtuanya, Sucipto dan Cici. Kumar untuk bayi laki-laki yang merupakan singkatan dari Kusumawijaya dan Martini. Malik yang merupakan singkatan dari nama ibu bapaknya, Madani dan Lilik. Herti, singkatan dari Herna dan Sayuti.

Siapapun itu, tentu ingin memberikan nama yang terbaik untuk anak-anaknya, dari manapun asal bahasanya. Tidak ada nama yang buruk selama nama itu memiliki makna yang baik.