Bagi Anda yang telah menikah dan akan dikaruniai seorang momongan, baik anak pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, penentuan nama buah hati Anda adalah sebuah prioritas. Mengapa? Meskipun Shakespeare mengatakan bahwa sebuah nama buah hati tidaklah memiliki arti khusus dan spesial, namun mayoritas penduduk negeri ini akan pilih-pilih dalam pemberian nama buah hati.

Seseorang dengan latar belakang suku Jawa misalnya, memiliki keyakinan bahwa sebuah nama buah hati adalah pengharapan dan doa dari kedua orangtuanya. Kami pun percaya bila sebagian besar penduduk di Indonesia dengan suku yang berbeda akan memiliki pendapat yang sama.

Memang banyak alternatif bagi kedua orangtua untuk memberi nama buah hati. Ada yang masih pakem dengan suku dan adatnya, semisal “Maman”, “Asep”, “Atep” dan “Euis” bagi suku Sunda. Ada pula yang memberi nama buah hati sesuai dengan momen kelahirannya.

Misalnya seorang anak yang lahir pada bulan puasa diberi nama “Ramadhan”, atau anak yang dilahirkan pada bulan Februari, mendapatkan nama “Febri”. Selain itu, ada pula yang mengurutkan nama buah hati atau putra-putrinya berdasar angka, semisal “Eko” untuk anak pertama, “Dwi” bagi anak kedua, “Tri” nama anak urutan ketiga, “Catur” anak keempat dan seterusnya.

Seperti apapun metode pemberian nama buah hati Anda, dan dari mana pun inspirasinya, maka seyogyanya nama buah hati tetap memiliki garis besar panduan yang jelas, sehingga doa dan pengharapan Anda akan tersampaikan melalui nama buah hati atau putra-putri Anda.

Tips-tips Pemberian Nama Buah Hati

Berikut beberapa pertimbangan yang kami uraikan untuk memberikan nama buah hati Anda.

1. Pilihlah Nama Buah Hati yang Memiliki Arti Kebaikan

Nama buah hati sebaiknya mengandung makna atau istilah yang mengarah menuju kebajikan. Anda dapat mengambil nama buah hati dari bahasa mana pun atau inspirasi apa pun.

Boleh saja Anda mengambil makna kebajikan dari bahasa Arab, seperti “Ikhsan” yang berarti baik atau “Luthfi” yang bersinonim dengan pribadi yang halus dan penuh kesantunan.

Nama-nama yang seiring dengan keburukan seperti “Naar” dari bahasa Arab yang berarti neraka, atau “Jahal” yang bermakna kebodohan, lebih baik dihindari demi kebaikan Anda dan putra-putri Anda.

Selain nama buah hati dari bahasa asing, bahasa Indonesia juga bisa Anda jadikan sebagai patokan untuk pemberian nama buah hati, karena bahasa ibu ini sebenarnya tidak kalah dalam jumlah kosa kata nama yang terpuji, misalnya “Budi” dan “Setia”


2. Usahakan Nama Buah Hati Menggunakan Nama Depan yang Mudah Dipanggil

Nama yang mudah dilafalkan akan membuat putra-putri Anda mudah dalam mengucapkan nama mereka sendiri. Kemudahan ini akan berpengaruh terhadap jiwa mereka sehingga cukup percaya diri ketika berkenalan dengan teman-temannya.

Nama seperti “Nada”, “Ira”, dan “Dede” adalah contoh nama-nama panggilan yang mudah diucapkan. Sebaliknya nama “Zurgler” misalnya, akan terasa susah untuk diucapkan. Nama yang berat dalam pelafalan, juga memberi sebuah akibat lain, yaitu sulitnya menempatkan nama panggilan.

3. Sesuaikan Nama Buah Hati dengan Jenis Kelamin

Bila anak Anda berjenis kelamin laki-laki, maka nama yang memiliki “jenis kelamin” yang sama, sebaiknya juga menjadi perhatian. Penggunaan nama “Bambang” identik dengan seorang laki-laki. Sedangkan nama “Wati”, hampir selalu dipresepsikan sebagai seorang wanita.

Boleh saja Anda mempersiapkan sebuah nama buah hati Anda sebelum kelahirannya. Namun, alangkah baiknya Anda menyiapkan dua nama sebagai alternatif, satu untuk anak laki-laki dan satu lagi untuk anak perempuan.

Meskipun kita tidak memungkiri, saat ini ada alat yang mampu mendeteksi jenis kelamin putra-putri Anda ketika masih di dalam rahim, namun menyiapkan dua nama tak ada salahnya, bukan?

4. Hindari Nama Buah Hati yang Memiliki Potensi Sebagai Bahan Ejekan

Seringkali kita mendengar seorang anak mengejek rekannya dengan memplesetkan namanya. Sebagai contoh, karena orangtuanya guru Biologi, maka putrinya diberi nama “Nucifera”, padahal kata tersebut adalah bagian dari spesies pohon kelapa.

Tak heran sang buah hati terkadang menjadi bahan tertawaan rekan-rekannya. Tentunya kita sebagai orangtua tidak ingin permata hati kita menjadi malu dan terkucil akibat namanya sendiri.

Beberapa poin di atas kami harapkan mampu memberi patokan dalam menuliskan tinta bagi nama buah hati Anda. Ingat… nama mereka adalah doa dari Anda.

Contoh-contoh Nama Buah Hati

Nama dapat diartikan sebagai doa dan itulah sebabnya memeberi nama buah hati jangan sembarangan. Nama buah hati tidak hanya indah didengar, tetapi memberi nama buah hati juga haruslah memiliki makna baik. Selain itu, memberi nama buah hati juga merupakan pertanda doa dan juga pengharapan kepada Allah SWT.

Lalu, apa saja nama buah hati yang bermakna baik? Berikut ini daftar nama dari berbagai bahasa yang bermakna baik dan cocok untuk dijadikan nama buah hati Anda.

  • Aabidah. Abidah artinya tekun beribadah. Nama buah hati ini berasal dari bahasa Arab dan nama untuk perempuan.
  • Aathifah. Asthifah artinya pemberian. Nama buah hati ini berasal dari bahasa Arab dan nama untuk perempuan.
  • Abdad. Abdad berasal dari bahasa Arab yang artinya tekun beribadah (laki-laki).
  • Abdiel. Abdiel berasal dari bahasa Ibrani yang artinya hamba Allah (perempuan).
  • Abidah. Abidah brasal dari bahasa Arab yang artinya beradab (perempuan).
  • Adara. Adara berasal dari bahasa Yunani yang artinya cantik (perempuan).
  • Adawiyah. Adawiyah berasal dari bahasa Arab yang artinya seorang wanita sufi (perempuan).
  • Adelard. Adelard berasal dari bahasa Jerman yang artinya gagah berani (laki-laki).
  • Adelia. Adelia berasal dari bahasa Jerman yang artinya mulia (perempuan).
  • Adelio. Adelio berasal dari bahasa Spanyol yang artinya pangeran mulia (laki-laki).
  • Adena. Adena berasal dari bahasa Yunani yang artinya indah (perempuan).
  • Adib. Adib berasal dari bahasa Arab yang artinya budayawan (laki-laki).
  • Adiel. Adiel berasal dari bahasa Arab yang artinya hiasan (laki-laki).
  • Adira. Adira berasal dari Yahudi yang artinya kuat (perempuan).
  • Adli. Adli berasal dari bahasa Turki yang artinya bijaksana (laki-laki).
  • Adney. Adney berasal dari bahasa Inggris yang artinya pulau bangsawan (laki-laki).
  • Adonia. Adonia berasal dari bahasa Spanyol yang artinya cantik (perempuan).
  • Adonis. Adonis berasal dari bahasa Yunani yang artinya sangat menarik (laki-laki).
  • Adoria. Adoria berasal dari bahasa Latin yang artinya tercinta (perempuan).
  • Adora. Adora berasal dari bahasa Latin yang artinya yang tercinta (perempuan).
  • Adrienne. Adrienne berasal dari bahasa Arab yang artinya kaya (perempuan).
  • Adsila. Adsila berasal dari bahasa Amerika asli yang artinya berbunga (perempuan).
  • Afrah. Afrah berasal dari bahasa Arab yang artinya kegembiraan (perempuan).
  • Agni. Agni berasal dari bahasa India yang artinya dewa api (laki-laki).
  • Aidan. Aidan berasal dari bahasa Irlandia yang artinya bersemangat (laki-laki).
  • Aiko. Aiko berasal dari bahasa Jepang yang artinya tercinta (perempuan).
  • Aimee. Aimee berasal dari bahasa Perancis yang artinya tercinta (perempuan).
  • Ainiyah. Ainiyah berasal dari bahasa Arab yang artinya pohon rimbun bersemi (perempuan).
  • Akash. Akash berasal dari bahasa Hindi yang artinya langit (laki-laki).

Itulah daftar nama-nama buah hati yang bermakna baik dari berbagai bahasa dan bisa dijadikan pilihan untuk memberi nama buah hati Anda. Semoga bermanfaat!