Keadaan tubuh bayi yang masih rentan mudah sekali terjangkit virus, bakteri, maupun jamur yang menyebabkan kesehatannya terganggu, diantaranya adalah sariawan.

Sariawan salah satunya disebabkan oleh jamur jenis Candida albicans yang dapat ditularkan melalui puting payudara ibu selama menyusui. Berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan bila bayi kesayangan Anda mengalami sariawan:

1. Cuka sari apel 
Jamur dan cuka tidak dapat hidup berdampingan, sehingga cuka mampu mencegah pertumbuhan jamur pada mulut bayi. Oleskan beberapa tetes cuka sari apel ke puting payudara Anda untuk mencegah bayi Anda terkena sariawan.

2. Bawang putih 
Bawang putih adalah antibiotik alami. Tambahkan bawang putih segar ke dalam masakan agar bayi Anda juga dapat merasakan manfaat baiknya.

3. Minyak kelapa 
Minyak kelapa murni merupakan anti jamur alami yang sangat ampuh dan aman untuk bayi. Oleskan minyak kelapa ke puting payudara Anda dan ke mulut bayi untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur.

4. Probiotik 
Probiotik membantu menjaga keseimbangan bakteri sehat dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah untuk jamur Candida. Tambahkan acar, yoghurt, atau kimchi ke dalam makanan Anda.

5. Hindari kelembaban 
Jamur sangat senang dengan lingkungan yang lembab, karena itu hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat agar jamur tidak berkembang pada payudara ibu.

6. Diet tepat 
Untuk membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat pada ibu dan bayi, pastikan diet Anda kaya akan makanan sehat seperti biji-bijian dan menghindari makanan olahan dan gula.