Dewasa ini makin banyak minuman-minuman kesehatan yang mengklaim dirinya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Mulai dari yang mencegah panas dalam, memperlancar pencernaan, meningkatkan sistem imun, bahkan ada yang menjanjikan dapat mencegah dan menyembuhkan kanker. Namun benarkah itu semua?

Berikut beberapa contoh minuman kesehatan yang katanya baik bagi kesehatan:

1. Air Kelapa 
Air kelapa diklaim dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan sangat bagus diminum setelah berolahraga. Klaim mengenai kandungan elektrolit bisa jadi dilebih-lebihkan. Air kelapa belum tentu lebih baik ketimbang air putih biasa untuk diminum setelah berolahraga.

2. Jus Acai Berry 
Acai berry adalah buah asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Minuman jus Acai Berry diklaim dapat menurunkan berat badan, menyehatkan kulit, memperlambat penuaan dan meningkatkan energi. Minuman ini juga diklaim dapat mencegah kanker, penyakit jantung dan menjaga sistem pencernaan. Namun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa Acai Berry lebih berkhasiat dibanding buah-buahan lain yang serupa.

3. Kombucha 
Kombucha adalah teh yang difermentasi dengan cara ditambahkan ragi dan bakteri di dalamnya. Minuman ini konon dapat mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan organ pencernaan dan menurunkan tekanan darah. Nyatanya, belum ada penelitian laboratorium yang membuktikan khasiatnya. Beberapa penelitian memang ada yang berupaya menyingkap khasiat kesehatannya, tapi hasilnya belum begitu memuaskan.

4. Juice Pomegranate 
Juice Pomegranate sebenarnya adalah jus buah delima dan diklaim dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, mencegah beberapa jenis kanker, dan menurunkan kolesterol. Walau diklaim mengandung antioksidan yang diperkirakan dapat menurunkan kolesterol, Tetapi penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan.

5. Jus Lidah Buaya 
Lidah buaya diklaim dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan, serta mempercepat penurunan berat badan. Nyatanya, tidak ada satupun dari klaim tersebut yang benar-benar terbukti. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minuman ini bisa menjadi racun bagi manusia. Beberapa pasien yang menderita penyakit tertentu seharusnya tidak diperbolehkan minum minuman ini.