Mengenali dan mengamati pertumbuhan gigi pada balita Anda sangat penting peranannya dalam pertumbuhan dan perkembangan gigi balita Anda. Dalam hal ini, nutrisi yang baik juga sangat diperlukan dalam upaya membuat tumbuh kembang anak Anda menjadi lebih optimal. Tumbuh kembang balita yang optimal akan memberi dampak positif pada kepribadian anak setelah dewasa.
Bertambahnya berat badan bayi dan tinggi badan bayi menandakan kalau pertumbuhan balita Anda baik. Perkembangan otak dan otot serta pertumbuhan gigi balita juga menandakan kalau pertumbuhan bayi berlangsung normal dan baik.
Gigi yang tumbuh pada masa balita disebut juga gigi susu. Pertumbuhan gigi balita diawali dengan munculnya ujung gigi di permukaan gusi. Selanjutnya gigi akan tumbuh secara tegak sesuai struktur rongga mulut. Namun, gigi akan berhenti tumbuh secara otomatis saat ia bersentuhan dengan gigi lain di sebelahnya. Dari pengalaman, gigi balita mulai tumbuh pada usia balita sekitar 6 bulan.

Tapi ada juga bayi yang sudah tumbuh gigi saat ia masih berada dalam rahim. Dokter gigi mendiagnosa bahwa hal itu disebabkan karena ibu bayi mengkonsumsi kalsium dalam jumlah besar saat hamil.

Gigi balita yang pertama muncul adalah gigi seri bagian bawah, disusul gigi seri bagian atas. Gigi selanjutnya yang tumbuh adalah gigi geraham, yaitu pada saat balita memasuki usia 15 sampai 20 bulan dan dibarengi dengan pertumbuhan gigi taring.

Gigi geraham yang terakhir akan tumbuh pada usia 2 tahun, dan seluruh gigi akan tumbuh secara sempurna pada usia balita 3 tahun. Sementara, pertumbuhan gigi balita yang sehat dan sempurna akan terwujud dengan asupan gizi yang baik pada balita, seperti kalsium dan vitamin D.

Agar pertumbuhan dan perkembangan gigi balita berjalan baik, dianjurkan agar orang tua memeriksakan gigi balita kepada dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. Selain itu dianjurkan pula agar orang tua mendidik anak untuk terus memeriksakan giginya secara rutin kepada dokter gigi setelah ia besar agar memiliki gigi yang sehat dan sempurna.

Di sini, peran orang tua sangat vital dan penting dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan gigi anak dan balita Anda. Pendidikan akan pentingnya menjaga kesehatan gigi perlu ditanamkan sedini mungkin. Karena, dengan gigi yang sehat dan terawat akan menambah kepercayaan diri, bahkan dapat meningkatkan kualitas penampilan kita.