Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Buah ini berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Disebut rambutan karena dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut. Rambutan juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi, seperti zat besi, kalium, serta vitamin C. Di dalam setiap 100 gram buah rambutan terkandung 69 kalori, 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin).

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki rambut di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika buahnya masak. Endokarp berwarna putih, menutupi daging. Bagian buah yang dimakan (daging buah), sebenarnya adalah salut biji atau aril yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji.

Biji rambutan juga tidak beracun dan mengandung karbohidrat, lemak, protein yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi. Biji rambutan juga mengandung lemak polifenol yang cukup tinggi. Komposisi zat-zat kimia dalam biji rambutan tersebut menghasilkan khasiat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah) sehingga biji rambutan banyak digunakan untuk pengobatan alternatif guna menormalkan kadar gula darah penderita kencing manis (diabetes mellitus yang cenderung tinggi).

Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti ini cocok dikonsumsi orang-orang yang sedang dalam program diet menurunkan atau menjaga berat badan ideal.

Dan ternyata rambutan juga mempunyai banyak khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bukan hanya buahnya, melainkan juga biji, kulit dan daunnya juga kaya akan manfaat. Mari kita lihat apa saja manfaat buah yang satu ini dalam membantu proses penyembuhan berbagai penyakit yang marak kita temui belakangan ini.

  • Disentri. Cuci kulit buah rambutan (10 buah), potong-potong seperlunya. Tambahkan tiga gelas minum air bersih, lalu rebus sampai airnya tersisa separuhnya. Setelah ,dingin, saring dan minum sehari dua kali, masingmasing tiga perempat gelas.
  • Demam. Cuci kulit buah rambutan yang telah dikeringkan (15 g). Tambahkan tiga gelas air bersih, lalu rebus sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing sepertiga bagian.
  • Menghitamkan rambut. Cuci daun rambutan secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air sambil diaduk merata sampai menjadi adonan seperti bubur. Peras dan saring dengan sepotong kain. Gunakan air yang terkumpul untuk membasahi rambut kepala. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.
  • Kencing manis. Gongseng 5 (lima) biji rambutan, lalu giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin, minum airnya sekaligus. Lakukan 1–2 kali sehari
  • Sariawan. Cuci kulit kayu rambutan (3 ruas jari), lalu rebus dengan dua gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Gunakan untuk berkumur selagi hangat.