Sepanjang pagi hingga siang kita bekerja dan pada saat jam makan siang seringkali mata kita tergoda untuk sejenak beristirahat. Para ahli dari Center for Functional and Molecular Imaging Georgetown University, menyarankan untuk menutup mata sejenak pada saat jam makan siang karena tidur siang mempunyai beberapa manfaat.

1. Meningkatkan produktivitas 
siang dapat melindungi otak dari pengolahan informasi yang terjadi secara berlebihan dan membantu mengkonsolidasikan informasi yang baru dipelajari, sehingga nantinya akan berdampak pada peningkatan konsentrasi bekerja setelah istirahat siang.

2. Menurunkan stres 
Penelitian menunjukkan bahwa hormon stres kortisol secara dramatis mengalami penurunan hingga 50% setelah tidur siang, terutama jika semalam tidurnya kurang begitu nyenyak.

3. Meningkatkan daya ingat
Sebuah penelitian tahun 2008 menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit bisa membantu meningkatkan daya ingat. Peningkatan ini terjadi dalam fase slow-wave sleep atau tidur gelombang pendek sebagaimana biasa terjadi saat tidur siang.

4. Menurunkan resiko penyakit jantung 
Peneliti dari Yunani menjelaskan bahwa orang yang setidaknya tidur siang 30 menit selama 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan strike, sebesar 37 persen.