Mendengkur merupakan suara bergetar yang ditimbulkan saat kita dalam keadaan tidur. Suara ini biasanya ditandai dengan bunyi yang cukup keras yang berasal dari rongga mulut dan hidung. Suara dengkuran ini terjadi akibat menyempitnya saluran nafas sehingga jaringan lunak pada langit-langit mulut di dekat tenggorokan bergetar.

Mendengkur dapat terjadi pada siapa saja. Penelitian menyebutkan bahwa 45% pria dan 30% wanita mendengkur dalam tidurnya. Apakah tidur Anda mendengkur atau pasangan Anda yang mempunyai kebiasaan tidur mendengkur? Suara dengkuran bagi sebagian besar orang sangat mengganggu karena dapat mengganggu kenyamanan tidur sehingga berakibat bangun dengan tubuh yang kurang segar keesokan harinya. Bila Anda ingin menghilangkan kebiasaan tidur mendengkur, mungkin beberapa hal di bawah ini dapat membantu Anda.

1. Berhenti merokok
Selain tidak sehat bagi kesehatan paru-paru dan jantung Anda, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan tidur mendengkur. Nikotin dapat memicu peradangan pada tenggorokan dan saluran nafas. Peradangan inilah yang pada akhirnya dapat mengkibatkan suara dengkuran saat tidur. Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

2. Ubah posisi tidur
Tidur telentang merupakan salah satu penyebab tidur mendengkur. Saat tidur telentang, posisi mulut akan cenderung terbuka dan lidah akan terdorong ke dalam tenggorokan sehingga dapat menyebabkan penyumbatan saluran nafas dan menyebabkan suara dengkuran. Ubah posisi tidur dengan memilih posisi menyamping.

3. Hindari alkohol dan obat penenang
Alkohol dan obat penenang bisa menimbulkan gangguan tidur, seperti insomnia dan mendengkur. Mengkonsumsi alkohol sebelum tidur akan meningkatkan resiko mendengkur.

4. Turunkan berat badan
Orang dengan kelebihan berat badan biasanya akan memiliki jaringan tenggorokan yang lebih besar pula. Pembesaran tenggorokan ini dapat mengakibatkan penyempitan saluran pernafasan dan menyebabkan tidur mendengkur.

5. Mengatur waktu tidur
Ikuti pola tidur yang teratur, minimal 8 jam sehari. Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari dapat menciptakan harmonisasi dalam tubuh Anda.

6. Olahraga teratur
Olahraga dapat memperkuat otot, meningkatkan detak jantung dan sirkulasi darah. Olahraga secara rutin dapat membantu mengatur pola tidur. Setidaknya, lakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap hari untuk mengurangi kebiasaan mendengkur.

7. Memakai bantal tambahan
Mengganjal kepala dengan bantal tambahan di bawah kepala menjadi cara sederhana untuk menghentikan kebiasaan mendengkur. Bantal tambahan membuat posisi kepala lebih tinggi daripada dada. Cara ini membantu Anda menjaga jalan pernapasan agar tetap lancar.

8. Banyak minum air putih
Banyak minum air putih selain menyehatkan, juga dapat mencegah timbulnya lendir di hidung akibat kekurangan cairan atau dehidrasi.

9. Membersihkan rongga hidung
Hidung tersumbat bisa meningkatkan resiko mendengkur. Ini membuat Anda harus bernapas melalui mulut sehingga Anda akan lebih sering mendengkur sepanjang malam.

10. Atur waktu makan malam
Pastikan Anda makan setidaknya 2 jam sebelum tidur. Ini akan membuat proses pencernaan Anda lancar sehingga bisa terlelap saat tidur.