Gaya hidup modern yang penuh tekanan membuat energi kita terkuras setiap harinya, banyak orang mencari jalan pintas untuk memerangi kelelahan. Minuman energi memang dapat menutupi gejala kelelahan dan dehidrasi tubuh. Namun mayoritas minuman energi mengandung gula berlebih, stimulan kafein dengan kadar tinggi dan lainnya.
Baru-baru ini CNN memuat artikel yang ditulis oleh Tiffany Barrett -ahli gizi Emory University Winship Cancer Institute- bahwa tren minuman berenergi mulai ditinggalkan. FDA mengatakan dalam bulan ini saja telah dilaporkan 3 kematian setelah mengkonsumsi minuman 5-hour Energy shot. Bulan lalu, orang tua dari seorang gadis 14 tahun mengajukan gugatan, menyatakan bahwa anaknya meninggal setelah minum dua minuman Monster Energy dalam periode 24 jam. Menurut keterangan kematiannya kelainan jantung yang sejak kecil dialami Anais Fournier ini diperparah oleh toksisitas kafein.
Mengandalkan minuman kafein dan energi sebenarnya membuat kita justru merasa lebih buruk dalam jangka panjang dengan menyebabkan metabolisme kita kacau. Kelelahan terus-menerus menurunkan sistem kekebalan tubuh, membuat kita lebih rentan terhadap depresi dan penyakit.
Jadi apa yang harus dilakukan? Berolahraga, tidur dan mengurangi stres sangatlah penting dalam memerangi kelelahan. Kebiasaan makan kita secara langsung mempengaruhi tingkat energi tubuh dan tentu saja nutrisi yang paling mempengaruhi tingkat energi kita sepanjang hari.
Berikut adalah beberapa tips tentang cara sehat untuk meningkatkan energi anda :
Minumlah air putih
Tubuh membutuhkan air – 8 gelas sehari.
Menjadi terhidrasi merupakan cara yang mudah dan murah untuk meningkatkan kadar energi tubuh. Anda tidak perlu air vitamin atau minuman olahraga, mereka hanya menambah kalori ekstra yang tidak dibutuhkan tubuh. Selalu bawa bekal air putih bersama anda setiap saat dan meminumnya sembari menjalani hari. Tambahkan lemon, limau atau jeruk sebagai variasi rasa.
Sarapan
Sarapan adalah makan yang menentukan performa anda sepanjang hari. Studi menunjukkan bahwa sarapan membantu membuat anda tetap waspada, memulai metabolisme anda agar siap menjalani hari dan membuat Anda merasa “cukup” sampai makan siang.
Tapi tetap sarapan yang sehat yang menjadi kuncinya. Pilihan sarapan yang baik meliputi sereal gandum, roti, buah dan protein daripada donat, kue-kue dan roti putih. Irisan telur rebus dalam roti gandum, oatmeal dengan buah, dan roti gandum panggang dengan selai kacang alami juga merupakan pilihan yang sehat.
Protein

Jangan lupa protein

Mengkonsumsi tidak cukup protein pada siang hari bisa menjadi alasan utama untuk kelelahan. Protein dalam makanan berfungsi sebagai bahan bakar untuk memperbaiki dan membangun jaringan. Protein membutuhkan waktu lebih lama daripada karbohidrat untuk dipecah dalam tubuh, sehingga menyediakan sumber energi yang tahan lama. Anda dapat menemukan protein pada unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, kacang-kacangan, susu, yoghurt, telur, yoghurt, keju dan tahu.
Karbohidrat

Konsumsi Karbohidrat dengan cerdas

Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Pilih biji-bijian seperti sereal, beras merah dan roti gandum, dan hindarilah makanan manis yang justru menyebabkan energi menurun. Karbohidrat yang terlalu banyak diolah biasanya sedikit atau bahkan tidak mengandung serat. Biasakan membaca label nutrisi.
Makanan ringan itu penting
Jika anda membiarkan diri anda terlalu lapar di antara waktu makan, maka gula darah anda turun, dan anda akan menjadi lesu. Jaga gula darah dan tingkat energi anda tetap stabil dengan mengkonsumsi makanan ringan. Memilih snack yang tepat dapat mencegah bentuk bukit dan lembah dalam kurva energi harian anda.
Kombinasikan karbohidrat kompleks dengan protein dan / atau lemak sebagai sumber energi yang tahan lama. Protein dan lemak dipecah menjadi gula ke dalam darah dengan lambat sehingga mencegah kelelahan. Makanan ringan juga dapat mencegah makan berlebihan pada waktu makan. Beberapa contoh pilihan camilan seperti yoghurt dengan buah, kacang-kacangan, sayuran dengan hummus, pir dengan mentega almond, shake whey protein atau blueberry dengan stik keju. Rencanakan jadwal cemilan anda dengan bahagia!
Omega3

Asam Lemak Omega-3

Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mengurangi peradangan, memerangi depresi dan meningkatkan mood serta ingatan. Cobalah untuk mengkonsumsi lemak omega-3 alami dari makanan ketimbang suplemen. Sumber yang sangat baik diantaranya salmon, tuna, kenari, biji rami, sayuran hijau dan biji rami.
Magnesium
Almond, kenari dan kacang Brazil kaya akan magnesium, mineral penting dalam proses perubahan karbohidrat menjadi energi. Sumber magnesium diantaranya biji-bijian dan sayuran hijau gelap.

Jangan terlalu menghemat kalori

Penghematan kalori menurunkan metabolisme anda dan menyebabkan Anda merasa lesu. Jagalah tingkat energi anda tetap tinggi dan mengimbanginya dengan meningkatkan metabolisme sesuai kalori anda perlukan setiap hari. Makanan alami yang lebih dianjurkan daripada suplemen untuk mendapatkan protein, serat, vitamin dan mineral, bukan satu atau dua nutrisi tunggal. Konsumsilah berbagai variasi makanan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, tetapi penting juga untuk menjaga tingkat energi anda tetap stabil.
Mari menjadi pribadi yang sehat dan energik!
Salam Sehat
sumber : dokteraidil.blogspot.com