Bekas luka seringkali sangat menjengkelkan apalagi bila sulit untuk dihilangkan. Berbagai upaya mungkin Anda lakukan agar kulit kembali bersih seperti semula, mulai dari melakukan perawatan professional seperti microdermabrasion, hingga melakukan bedah plastik.

Namun Anda dapat melakukan perawatan alami yang tentunya jauh lebih murah dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah, meskipun untuk itu Anda harus lebih bersabar karena proses penyembuhannya yang lebih memerlukan waktu.

Madu 
Pastikan Anda menggunakan madu asli, agar mampu bekerja maksimal dalam menghilangkan bekas luka. Campurkan dua sendok makan madu dengan satu sendok makan baking soda, lalu pijat halus pasta ini di atas bekas luka yang lembab. Biarkan 15 menit, lalu bilas dengan air.

Minyak Vitamin E 
Minyak vitamin E mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Kolagen dapat memperkuat dan meningkatkan elastisitas kulit. Anda dapat memilih mengkonsumsi kapsul vitamin E atau mengoleskan minyak vitamin E langsung pada bekas luka di kulit Anda.

Jus Lemon 
Jus lemon juga mampu memudarkan bekas luka karena mengandung pencerah alami kulit. Hal ini mampu membantu memudarkan bekas luka, bekas jerawat, atau bintik hitam pada wajah Anda. Cukup oleskan air perasan lemon pada bekas luka Anda dengan menggunakan kapas, namun pastikan Anda tidak menggunakannya di dekat mata.