Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan kesehatan yang mempunyai dampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan bila tidak segera ditangani. Namun hipertensi bisa dicegah bila Anda selalu menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Hindari kafein
Bila Anda gemar mengkonsumsi kopi, sebaiknya Anda menguranginya. Kafein bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah, walaupun hanya bersifat sementara. Bagi mereka yang berusia lanjut dan cenderung obesitas, pengaruh kafein akan berdampak lebih buruk. Hindari mengkonsumsi kafein lebih dari dua cangkir per hari.

2. Turunkan berat badan
Tekanan darah akan meningkat seiring dengan naiknya berat badan. Jika lemak di daerah pinggang sudah menumpuk, resiko hipertensi akan lebih besar.

3. Diet sehat
Diet yang kaya akan biji-bijian, buah, sayuran, dan susu rendah lemak bisa membantu mencegah resiko hipertensi. Kurangi makanan asin, makanan beku dan daging olahan.

4. Jangan merokok
Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat membuat darah lebih kental dan mudah menggumpal sehingga meningkatkan tekanan darah dan risiko penyakit arteri koroner.

5. Olahraga
Melakukan kegiatan fisik dan olahraga yang bersifat aerobic secara teratur 30 menit dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Di samping itu, olahraga teratur juga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

6. Kelola stres
Stres bisa menaikkan tekanan darah. Pengelolaan stres sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Kegiatan relaksasi seperti pemijatan atau yoga juga bisa membantu.