Cara Membersihkan Vagina saat Haid/MENSTRUASI yang kurang benar, bisa malah  memberikan efek kurang baik pada kesehatan vagina.
Kita harus tetap menjaga kebersihan bagian intim agar tidak terjadi infeksi ataupun iritasi. Dengan menjaga kebersihan saat menstruasi, maka kesehatan vagina Anda akan terjaga.
Ada banyak cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan organ intim Anda selama menstruasi. Banyaknya mitos dan adanya budaya yang berbeda membuat wanita menjadi malu untuk bertanya seputar kesehatan organ intim wanita, khususnya saat menstruasi.
Berikut ini tip yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan vagina Anda selama menstruasi, seperti dilansir Livestrong.
Anjuran:
1. Gunakan air hangat untuk membasuh vagina Anda saat melakukan pembersihan. Sabun kewanitaan dengan pH seimbang dan bebas parfum juga bisa Anda gunakan jika diperlukan.
2. Basuhlah dari bagian depan ke belakang. Menurut para ahli, cara terbaik untuk membersihkan vagina Anda dengan menggunakan air hangat.
3. Kenakan celana dalam dengan bahan katun. Karena dapat memungkinkan sirkulasi bagian intim Anda, menghambat bakteri, ataupun organisme berbahaya.
4. Vagina yang sehat secara alami menjaga keseimbangan pH dan flora normal. Douching bisa mengganggu kesehatan vagina dan dapat mendorong darah kembali ke arah leher rahim dan rahim.
Sebaiknya Dihindari:
1. Jangan menggunakan sabun atau air pada bagian dalam vagina. Basahi bagian bokong dan daerah anal eksternal, lalu untuk menghindari kontaminasi bakteri.
2. Hindari meninggalkan jejak sabun atau pembersih karena bisa menimbulkan iritasi kulit jika dibiarkan terlalu lama.
ref