Bila Anda gemar minuman berkarbonisasi atau minuman bersoda, mungkin beberapa hal di bawah ini perlu Anda pertimbangkan.

Minuman bersoda dewasa ini telah menjamur di mana-mana, dari warung-warung tenda di pinggir jalan hingga restoran-restoran mewah. Paling umum minuman bersoda dapat kita jumpai di restoran-restoran cepat saji yang dijual dalam satu paket dengan makanannya. Namun tahukah Anda efek samping dari minuman bersoda tersebut?

1. Asma 
Sodium benzoat yang ditemukan dalam soda dapat mengurangi persediaan potasium, sehingga bisa memicu urtikaria, asma, dan eksim.

2. Gangguan ginjal 
Minuman bersoda mengandung asam fosfor tinggi yang dihubungkan dengan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.

3. Mengikis email gigi 
Gula dan asam yang terkandung dalam minuman soda dapat dengan mudah mengikis email gigi.

4. Gangguan reproduksi 
Kaleng minuman ringan telah tercemar resin yang dikandungnya. Ini mirip seperti virus penyebab kanker yang membawa malapetaka bagi kelenjar endokrin.

5. Penyakit hati 
Banyak minuman ringan yang mengandung sirup jagung fruktosa dan dihubungkan dengan meningkatnya resiko sindrom metabolisme, seperti diabetes dan gangguan hati.

6. Obesitas
 Minuman bersoda kaya akan kalori. Kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa meningkatkan resiko obesitas.

7.  Kanker pankreas
Dalam sebuah penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman bersoda dipercaya sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan resiko kanker pankreas.

8. Tulang keropos

Salah satu kandungan minuman bersoda adalah asam fosfat. Asam fosfat diketahui berhubungan dengan penyakit kerapuhan tulang, karena asam fosfat bisa melarutkan kalsium yang ada di dalam tulang. Akibatnya, tulang menjadi rapuh dan keropos.