Salah satu kebutuhan yang vital dan harus dipenuhi di dalam hidup adalah makan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan modal utama dari energi tubuh kita untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun terkadang saat selesai makan, kita sering melakukan sesuatu yang sebenarnya dapat mengganggu kesehatan dan mengangu proses pencernaan dalam tubuh.
Berikut adalah beberapa hal yang harus dihindari setelah makan:

1. Minum teh hangat sesudah makan
Teh mengandung asam yang tinggi yang dapat memyebabkan kandungan protein dalam makanan menjadi sulit dicerna oleh pencernaan sehingga mengganggu perut. Jika ini berkelanjutan, maka anda akan mudah mengalami anemia.

2. Jangan langsung makan buah
Makan buah setelah makan hanya akan membuat perut berisi udara sehingga perut menjadi kembung dan tentu saja akan membuat anda terganggu. Sebaiknnya untuk makan buah dapat dilakukan saat sebelum makan atau sejam sesudah makan.

3. Saat makan usahakan agar tidak berdiri
Apabila anda berdiri ketika makan maka pencernaan akan sulit untuk mencerna nutrisi dari makanan sehingga makan seperti tidak ada hasilnya bagi tubuh.

4. Sebaiknya tidak langsung mandi
Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan kita karena ketika anda mandi, aliran darah akan meningkat ke tangan, kaki dan tubuh sehingga jumlah darah disekitar perut akan berkurang.

5. Merokok
Apabila anda merokok sesudah makan, maka anda akan memiliki 10 kali lipat berbahaya bagi kesehatan jika dibandingkan dengan bahayanya rokok dalam kesehariannya. Hal ini akan menyebabkan peredaran darah naik.

6. Hindari tidur sesudah makan
Memang sehabis makan, pasti kita akan merasa ngantuk dan ingin tidur. Namun hal ini kurang tepat bagi kesehatan karena jika anda menurutinya, maka perut anda akan kembung dan terjadi peradangan pada pencernaan.

7. Selesai makan sebaiknya jangan melonggarkan ikat pinggang
Mengapa harus dihindari karena hal ini akan memperburuk kinerja lambung akibat tekanan perut yang diturunkan. Selain itu hal ini dapat membuat usus terbelit dan terblokir.

Demikian beberapa tips sehat untuk hari ini. Semoga berguna dan bermanfaat untuk kita semua.