Manfaat dari garam ini sangat banyak sekali, baik untuk tubuh, kecantikan dan sebagai alat pembersih. Siapa sih yang ngga tau dengan bumbu dapur ini ?.. keterlaluan sekali kalau tidak tahu. hehe.. Menurut wikipedia garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Semua rumah pasti memiliki serbuk putih yang satu ini, karena di semua selalu ada kegiatan memasak. Tapi selain bermanfaat untuk penyedap rasa, garam ini masih mempunyai banyak manfaat yang belum diketahui banyak orang. Penasaran dengan kemampuan bumbu dapur yang satu ini. Ok, silahkan baca sampai selesai, akan saya share apa saja manfaat garam untuk aspek kehidupan manusia.

Manfaat Garam Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan dan Kebersihan

Manfaat Garam Untuk Kesehatan Tubuh

1. Sistem Imun
Manfaat dari Garam laut secara alami bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, menjadikan tubuh mampu melawan berbagai virus yang menyerang tubuh seperti, flu, demam, alergi serta penyakit autoimun lainnya.

2. Depresi
Garam laut juga terbukti bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis depresi. Garam laut juga dapat membantu mempertahankan dua hormon penting dalam tubuh, yaitu serotonin dan melatonin. Kedua hormon tersebut bisa membuat Anda menjadi relaks dan tidur lelap di malam hari.

3. Otot Kejang
Kalium adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam garam laut. Kandungan kalium ini berguna untuk membantu otot supaya berfungsi dengan baik. Selain itu, garam juga bisa menjadikan tubuh menyerap lebih banyak nutrisi dalam makanan. Jadi, garam adalah obat sangat efektif untuk mencegah nyeri otot, kejang dan kram.

4. Osteoporosis
Yang dapat memicu osteoporosis adalah Saat tubuh kekurangan garam dan gula, tubuh ‘menarik’ sodium ke tulang dan hal itu bisa memicu terjadinya Osteoporosis. Oleh karena itu mengkonsumsi garam dan air secara rutin setiap hari dalam jumlah yang tepat bisa bantu mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis).

5. Diabetes
Manfaat lain dari Garam laut adalah bisa bantu mengurangi kebutuhan insulin dengan menjaga kadar gula yang tepat dalam tubuh. Jadi, garam merupakan salah satu bagian penting dalam diet bagi penderita diabetes atau orang yang berisisko terkenan penyakit tersebut.

6. Jantung
Ketika garam menyatu dengan air, dapat memberikan fungsi menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah inggi, serta dapat membantu mengatur detak ketika jantung berdetak tidak teratur. Dengan demikian, garam laut dapat mencegah serangan aterosklerosis pada jantung dan serangan stroke.

7. Asma
Garam laut juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sistem pernapasan dan mengurangi produksi dahak pada tubuh, sehingga Anda bisa bernapas dengan lebih lega. Garam laut ini tidak menimbulkan efek samping selama penggunaannya sesuai kebutuhan.

8. Pencuci mulut dan obat kumur 
Selain manfaat diatas, garam laut juga bisa digunakan sebagai pencuci mulut dan obat kumur. Caranya juga tidak terlalu sulit, Larutkan kurang lebih seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke sekeliling mulut Anda lalu kumur-kumur.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan

* Pembersih Wajah
Selain bermanfaat untuk tubuh, garam juga bermanfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah sebagai pembersih wajah. Caranya campurlah 1 sdt garam dan 1 sdt minyak zaitun dalam mangkuk kecil. Setelah itu gunakan campuran garam dan minyak zaitun tadi sebagai pembersih dengan memijatnya dengan lembut didaerah sekitar wajah dan leher. Garam berfungsi sebagai pembersih untuk mengangkat make up dan kotoran tebal pada wajah. Setelah itu cucilah wajah dengan sabun cuci muka, dan bilas hingga bersih.

* Merawat Kulit Berminyak
Garam juga bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah. Caranya, Isilah botol spray kecil dengan air hangat dan tambahkan 1 sendok teh garam. Kemudian, semprotkanlah pada wajah, keringkanlah dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk.

* Mata Lelah
Jika suatu saat mata anda terasa lelah, tidak salahnya mencoba tips ini. Caranya larutkan 1/4 sdt garam dengan 1/2 liter air hangat, dan basuhkan larutan air garam pada mata yang lelah. Jika ingin menghilangakn gembung pada mata, larutkan 1 sdt garam dengan 1 liter air hangat, dan celupkan kapas pada mata sahabat sambil berbaring dengan rileks.

* Eksfoliator
Sehabis mandi dan pada saat kulit masih dalam keadaan basah, ambil segenggam garam dan gosokkan secara lembut dan perlahan pada seluruh kulit tubuh. Manfaatnya akan meluruhkan sel kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Manfaat Garam Untuk Kebersihan

Cerobong 
Cerobong asap dapur paling banyak terkena minyak, lembab karena uap. Bersihkan dengan garam, cuka atau baking soda.

Karpet
Karpet bisa kotor karena lumpur, tumpahan makanan atau noda anggur. Cukup taburi garam, gosok dengan spons yang basah dengan air.

Menghilangkan baru dari peralatan
Bau bawang putih, telur, daging, bawang merah dan minyak dapat mematikan. Jadi bersihkan peralatan baja, perak, atau tanah liat dengan garam dan air jeruk nipis.

Peralatan perak
Satu set peralatan perak dan barang-barang perak lainnya dapat dibersihkan dengan garam. Anda dapat menyimpan perak mengkilap dengan garam. ​

Pembersih setrika 
Berkali-kali, setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk mengatasi semua kotoran yang menempel pada setrika Caranya sangat mudah, taburkan garam ke atas selembar kertas lalu disetrika di atasnya. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air, lalu bersihkan alas setrika dengan kain lembab jika setrika sudah tidak panas.

Membersihkan jeans

Jika jeans Anda benar-benar kotor dan ingin membersihkannya, gunakan garam. garam tidak hanya membersihkan jeans tapi juga mempertahankan stretchbility dan warna denim. Hanya dengan menambahkan 1 sendok teh garam dalam setengah ember berisi air. Rendam jeans selamam 10-15 menit. lalu bersihkan dengan deterjen.

Tembaga atau kuningan
Anda dapat mengangkat kotoran atau karat yang melekat pada hiasan tembaga dan kuningan di rumah Anda. Tambahkan beberapa cuka garam kemudian bersihkan kuningan atau tembaga milik Anda.

Pakaian 
Untuk menghilangan bau dari pakaian yang dicuci, cukup rendam dalam garam selama 5-10 menit. hal ini juga mencegah warna pakaian pudar.

Peralatan masak dari besi 
Untuk menghilangkan noda minyak dari peralatan masak besi Anda, cukup gosok dengan air panas dan garam.

Stoples kaca
Kaca stoples mudah menjadi kuning. Bersihkan dengan cuka dan garam scrub untuk tetap bersih dan bebas dari bakteri.

Bersihkan kulkas 
Hanya dengan sepotong kain dalam larutan garam atau cuka, Anda dapat menghilangkan noda dalam kulkas. Selain bersih, kulkas Anda juga terhindar dari bau.