Dikarenakan manfaat dari daun sirih yang sangat banyak sering kali orang menyebutnya Tanaman dengan seribu khasiat. Daun sirih ini merupakan salah satu tanaman yang sangat populer di indonesia, dan merupakan tumbuhan asli indonesia. Jenis dari tumbuhan ini tidak hanya satu macam, tetapi ada lima, yaitu Sirih Cengkeh, Sirih Hitam, Sirih Belanda, Sirih Kuning, dan Sirih Jawa.

Tidak hanya manfaat dan jenisnya saja yang beragam, tetapi kandungan dari daun sirih ini juga banyak sekali. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun ini yaitu : Fenil Propana, Kavicol, Kavibetol, Allylpyrokatekol, Cadinene, diastase, terpennena, gula, Minyak Atsiri, Estragol, Hidroksikavicol, Caryophyllene, Cyneole, Tanin, Pati, dan Seskuiterpena.

Dahulu, penduduk pribumi sering mengunyah daun sirih beserta kapur, gambir dan pinang, hal tersebut mereka lakukan untuk menjaga kesehatan gigi mereka, karena salah satu khasiat dari daun sirih ini adalah menjaga kesehatan gigi. Namun dari seiring waktu berlalu, kini daun sirih diolah menjadi berbagai produk yang lebih praktis untuk memudahkan konsumen dalam memanfaatkan dan mengonsumsinya.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Manfaat dari daun sirih ini masih banyak lagi, selain untuk menjaga kesehatan gigi. Beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat kita peroleh dengan resep-resep sebagai berikut:

Daun Sirih untuk Obat batuk. 
Untuk memanfaatkan daun sirih sebagai obat batuk, caranya cukup mudah. Sediakan 11 biji cengkeh, 11 biji kapulaga, 5 lembar daun sirih, 11 biji kemukus, dan kayu manis seukuran jari tangan. Kemudian, bersihkan semua bahan tadi dan rebus dengan 2 gelas air. Tunggu sampai air rebusan tersisa 1,5 gelas. Saring air rebusan tadi, dan minum sampai 3 kali dalam sehari.

Daun Sirih untuk mencegah kerusakan gigi dan menghilangkan bau mulut.
Siapkan 1 lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, kemudian kunyah selama beberapa menit. Lakukan hal ini hingga 2-3 kali dalam sehari. kalau tidak tahan dengan aroma daun sirih saat dikunyah, solusinya bisa memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan.

Daun Sirih untuk mengobati Keputihan. 
Manfaat daun sirih yang lain adalah untuk mencegah ataupun mengobati penyakit keputihan, manfaat daun sirih yang satu ini sudah menjadi rahasia umum, hampir semua orang mengetahuinya. Tapi tidak semua orang tahu bagaimana caranya supaya bisa dijadikan obat keputihan. Caranya tidak terlalu sulit, rebuslah beberapa lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih, dan gunakan airnya untuk cebok.
Selain cara tadi, cara berikutnya untuk diminum . caranya, sediakan beberapa lembar daun sirih, sambiloto/tapak liman, kunyit dan kumis kucing. Rebus bahan tersebut secara bersamaan, kemudian saring airnya, setelah disaring, minumlah setiap hari sampai keputihan yang diderita sembuh.