Madu banyak sekali mengandung khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan. Hal ini tidak dipungkiri lagi, karena telah banyak orang-orang yang telah menggunakan madu sebagai obat kesehatan. Tidak hanya itu, dari dulu madu juga telah dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk merawat kulit. Selain memiliki tekstur yang lembut, madu ini memiliki kandungan yang sangat kaya dengan vitamin, mineral, potasium dan antioksidan. Dengan memiliki banyak kandungan tersebut, madu sering digunakan sebagai pelembab wajah dan masker wajah. selain itu, madu juga merupakan pemanis yang alami dan mempunyai kandungan gizi yang tinggi, diantaranya adaalah asam amino, zat gula (glukosa dan fruktosa) serta vitamin diantaranya riboflavin, niasin, thiamin, asam pantotenat, piridoksin, dan asam askorbat.

Didalam madu juga terdapat kandungan mineral yaitu kalsium, natrium, kalium, magnesium, phosphor, zat besi, sulfut dan mangan. Dengan banyak nya kandungan yang bermanfaat, madu juga bermanfaat untu ibu hamil, karena didalam madu juga terkandung asam folaat yang merupakan nutrisi penting bagi pertumbuhan janin. Jika ibu hamil kekurangan asam folat pada masa kehamilan awal dapat menyebabkan bayi beresiko mengalami cacat bawaan pembuluh syaraf. Diatas sudah disebutkan bahwa manfaat madu banyak sekali, baik untuk kesehatan, kecantikan dan baik untuk ibu hamil. Mari kita ketahui rinciannya. !!!

Manfaat madu untuk ibu hamil 

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

# Mengurangi mual
Mual-mual adalah hal yang selalu dialami pada awal kehamilan, tapi tidak perlu khawatir karena hal ini wajar dialami oleh ibu hamil. Namun, jika ibu hamil merasa tidak kuat menahan rasa mual yang terus datang, bisa diatasi dengan meminum madu yang dicampur dengan air putih.

# Mengurangi panas dalam perut
Keluhan yang juga sering dialami oleh ibu hamil adalah rasa panas didalam perut (heartburn). Rasa panas diperut ini disebabkan oleh terjadinya pelunakan sphincter antara kerongkongan dan lambung akibat dari hormon yang dilepaskan ketika hamil. Keluhan ini juga bisa dikurangi dengan meminum madu + susu untuk menetralkan asam lambung, sehingga panas dalam perut bisa dikurangi.

# Menambah nafsu makan
Kendala berikutnya yang terkadang menimpa ibu hamil adalah berkurangnya nafsu makan.Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena akan berdampak juga kepada janin yang dikandung. Rasa tidak nafsu makan ini bisa diatasi dengan meminum madu secara teratur.

# Melindungi keracunan pada janin
Bukan hanya tidak nafsu makan saja yang berbahaya bagi ibu hamil. Tapi terlalu banyak makan juga akan berdampak buruk. Karena makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu hamil kadang tidak sesuai dengan kebutuhannya, yang harus lebih di perhatikan adalah jangan sampai makanan tersebut mengandung zat zat yang akan membahayakan janin. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan meminum madu yang mana madu diyakini dapat melindungi janin dari keracunan.

# Mempermudah proses kelahiran
Khasiat madu yang satu ini pastinya tidak kalah dengan yang lainnya. Di dalam kandungan madu terdapat zat prostagelandine, dimana zat ini dapat mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat leher rahim melebar.

# Meningkatkan kekebalan tubuh
Ketika sedang hamil, kondisi ibu hamil harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai kondisinya down, karena akan berpengaruh terhadap perkembangan janin. Maka dari itu ibu hamil harus ditingkatkan kekebalan tubuhnya. Mengonsumsi madu adalah salah satu solusinya, karena dengan tingginya kandungan zat gizi yang ada didalam madu, maka hal itu juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil saat mereka menyusui

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan

Beberapa orang menyebut madu ini sebagai cairan ajaib. Hal ini disebabkan khasiat dan manfaat madu sangat banyak sekali dan tidak diragukan lagi. Dari sejak dulu juga madu sudah digunakan sebagai obat maupun bahan dasar pembuatan obat. Bukan menurut para ilmuwan saja, Dalam ajaran Islam, sejarah Mesir, dan sejarah peradaban China sekalipun madu sudah dikenal dan dimanfaatkan khasiatnya.

Mari kita bahas masing-masing manfaat madu untuk kesehatan tubuh.. disini ada beberapa Manfaat madu untuk kesehatan :

1. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)
Seperti yang sudah disebutkan pada manfaat madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil, ini dikarenakan madu kaya dengan kandungan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

2. Mencegah Kanker
Salah satu kandunga madu, yaitu flavonoids yang antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor. Madu bisa mencegah semua penyakit tersebut, maka dari itu madu baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Meningkatkan Stamina
Menurut hasil riset, manfaat dari madu ini dapat meningkatkan performa (ergogenic),yang dapat meningkatkan performa tubuh. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

4. Sumber vitamin dan mineral
Tidak hanya manfaat diatas, madu juga diketahui banyak mengandung vitamin dan mineral. Tapi tidak semua madu memiliki kandungan vitamin dan mineral, karena kadar vitamin dan mineral tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

5. Menghalau bakteri dan jamur
Didalam madu terkandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi. Jika seserorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk di oleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.

6. Mengobati batuk dan radang tenggorokan
Kandungan anti bakteri pada madu juga bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Masih banyak manfaat yang terkandung didalam madu, madu bisa langsung dijadikan obat, atau dicampur dengan ramuan herbal lainnya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Madu selain berfungsi sebagai pencegah penyakit dan pengobatan juga berguna untuk terapi kecantikan, antara lain :

1. Madu sebagai Perawatan Kulit
Susu dan madu sering disebut bersama-sama sebagai bahan utama yang menjadikan kulit lebih halus dan lembu, karena mampu mengangkat sel kulit yang telah mati. Oleh karena itu di berbagai negara susu dan madu banyak dikonsumsi oleh masyarakatnya. Ada pula kosmetik-kosmetik saat ini yang mengandung madu di dalamnya.

2.  Madu berguna sebagai pelembut dan pelembab bibir, caranya oleskan madu ke bibir secara merata.

3. Menurunkan berat badan
Manfaat yang satu ini sepertinya cocok untuk yang sedang dalam program diet. Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yag dibutuhkan tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampur dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.

4.  Untuk conditioner rambut, karena mampu menghilangkan ketombe

Itulah beberapa manfaat dan khasiat madu untuk ibu hamil, kesehatan dan kecantikan yang bisa kami share dengan anda. semoga apa yang telah kami tulis bisa bermanfaat.