Hampir sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami yang namanya luka. Entah itu luka gores yang disebabkan karena gesekan benda padat, luka tusuk akibat benda tajam, maupun luka bakar akibat pengaruh panas atau api.
Malasahnya, sebagian besar luka tersebut akan meninggalkan bekas luka, seperti munculnya jaringan parut atau keloid setelah mengalami penyembuhan. Jaringan parut ini terkadang meninggalkan bekas secara permanen jika tidak diberikan penanganan khusus dan tepat. Dan dengan kehadiran jaringan parut pada kulit kita, tentu akan sangat mengganggu penampilan kita. Apalagi jika bekas luka tersebut terbilang luas atau memanjang di daerah kulit yang tidak terlindungi seperti pada bagian tangan, wajah, betis atau pada bagian-bagian lainnya di kulit kita.
Bekas luka yang permanen dan adanya jaringan parut tersebut pada umumnya disebabkan oleh pengaruh panas yang dapat merusak jaringan kulit sehingga sulit untuk dipulihkan secara normal kembali. Namun Anda tidak usah khawatir, sebab saat ini telah banyak cara menghilangkan bekas luka bakar ini baik melalui peralatan medis, produk kosmetika hingga ramuan tradisional lainnya.
Berikut adalah beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar dan jaringan parut yang cukup ampuh dan patut dicoba:

1. Obat
Obat-obatan yang mengandung antihistamin atau kortikosteroid sangat bagus untuk membantu menghilangkan dan mengurangi jaringan parut akibat luka bakar.

2. Suntikan Steroid
Bekas luka bakar yang parah mungkin memerlukan suntikan steroid pada bekas luka atau perawatan dengan cara laser untuk menghilangkan jaringan parut. Perawatan ini biasanya diperuntukkan bagi mereka yang memiliki bekas luka bakar yang parah atau jika jaringan parut yang mengganggu kegiatan sehari-hari.
3. Ramuan Herbal
Gunakan ramuan dari rendaman beras yang kemudian dihaluskan bersama kencur, lalu dioleskan pada bekas luka bakar setiap hari hingga bekas luka bakar tersamarkan. Anda boleh mencoba mengoleskan madu asli pada bekas luka Anda karena madu sangat baik dalam menghaluskan kulit dan menyamarkan bekas luka bakar.
4. Metode Pemijatan
Lakukan pemijatan pada daerah luka dengan menggunakan minyak esensial mawar atau lavender. Lakukan pemijatan dengan lembut. Namun, jika Anda mengalami alergi kulit dengan penggunaan minyak esensial, hentikan penggunaan minyak tersebut. Gunakan vitamin E dan diberi minyak kelapa secukupnya sebagai pengganti minyak esensial. Metode pemijatan ini juga dapat membantu meratakan kolagen pada seluruh kulit. Hal ini akan membantu pula dalam memudarkan bekas luka bakar jika dilakukan setiap hari.
5. Konsumsi Vitamin
Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin C yang banyak terdapat pada buah sitrus, brokoli dan kentang. Selain itu perbanyak makanan unsur Zinc yang terdapat pada kacang dan daging sapi tanpa lemak. Vitamin C dan Zinc sangat baik untuk menyehatkan kulit sekaligus membangun kolagen di sekitar pembuluh darah kulit yang mengalami jaringan parut.
6. Bedah Laser
Bedah laser ini dapat menjadi metode dan pilihan terakhir dalam mengurangi tampilan bekas luka bakar Anda. Pendekatan dengan menggunakan sinar laser menyebabkan akan merangsang pembentukan kulit baru. Setelah perawatan, bekas luka pada  umumnya akan tersamarkan. Hanya saja, metode bedah laser ini tergolong sangat mahal.
7. Lotion Herbal Penghilang Bekas Luka
Sebenarnya inilah cara paling praktis, murah dan sangat aman diterapkan untuk menghilangkan bekas luka bakar. Salah satu lotion herbal penghilang bekas luka yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Meilibahenling yang merupakan produk impor dari Taiwan, diramu dari ilmu pengobatan Cina kuno untuk menghilangkan bekas-bekas luka, maupun noda-noda hitam atau flek yang timbul akibat luka atau gigitan serangga/nyamuk. Perlu dipahami bahwa Meilibahenling ini bukan obat menyembuhkan luka, tapi obat penghilang bekas luka saja.
Demikian sedikit tips sehat untuk hari ini. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan selamat mencoba.