Cara Mencegah Terkena Varises

Cara Mencegah Terkena Varises – Jika Anda melihat dibagian kaki Anda terlihat ada bencolan atau seperti ada benang tebal dan berwarna biru,kemungkinan Anda terkena penyakit Varises. Varises atau bisa disebut pembuluh darah  yang terlihat menonjol meski secara medis tidak berbahaya tetapi bikin Anda merasa tidak pede apalagi seorang cewek.

Varises itu terjadi karena melebarnya pembuluh darah balik (vena), dan terjadi penurunan atau hilangnya elastisitas dinding vena, vena yang berkelok-kelok, serta kerusakan katub.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya Varises :
  1. Keturunan atau gen
  2. Obesitas
  3. Kehamilan
  4. Olahraga yang salah
  5. Makanan yang kurang serat
  6. Perokok
  7. Lama berdiri
  8. Usia lanjut
Varises ini sebenarnya tidak bahaya tetapi menyebabkan rasa nyeri, kejang di betis dan kram dan yang jelas membuat Anda tidak pede saat mengenakan rok atau celana pendek. Ada berapa cara yang ampuh untuk mencegah terjadi varises.

Cara mencegah Varises:
  1. Olahraga yang benar, jangan mengangkat beban berat membuat pembuluh vena anda menjadi mekar.
  2. Istirahat yang cukup setelah melakukan aktifitas seharian, usahakan tidur dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung kurang lebih 20 menit.
  3. Lakukan duduk berselonjor kaki
  4. Pola makan yang benar, usahakan makanan yang berserat tinggi
  5. Jangan berdiri terlalu lama
  6. Seandainya sudah terkena Varises jangan memijat bagian yang terkena varises karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah vena
Untuk Anda yang sudah terkena Varises usahakan untuk mencoba tips diatas mungkin bisa membantu Anda dan bermanfaat.
Salam Sehat.