Berikut Ada beberapa makanan yang bisa meringankan nyeri haid Anda. Asup ini saat haid untuk meringankan penderitaan Anda.
Kerang
Mengasup kerang selama haid akan membantu meredam kram perut. Kerang adalah sumber zat besi dan juga mengandung Omega-3. “Ketika Anda haid, rahim Anda mengeluarkan senyawa yang dikenal sebagai prostaglandin dan leukotrien yang menyebabkan rahim berkontraksi, sehingga terasa kram,” kata Karen Ansel, RD, juru bicara, American Dietetic Association. “Omega-3 mengirimkan sinyal ke rahim Anda untuk mengurangi kontraksi tersebut.” Bagi kaum vegetarian, ahli gizi  Marissa Lippert, RD, merekomendasikan biji alpukat dan flaxseed.
Susu atau Yogurt
Penelitian telah menunjukkan bahwa perempuan yang mengasup 1.200 miligram kalsium per hari (setara dengan 4 porsi susu) 30 persen lebih sedikit mengalami PMS dibandingkan mereka yang hanya mengasup 500 miligram kalsium (kurang dari 2 porsi susu). “Jika ada satu nutrisi yang bisa mengalahkan PMS adalah kalsium,” urai Ansel. Jika Anda alergi terhadap susu bisa menggantinya dengan yogurt.
Beras merah
Menurut Lippert, gula dan karbohidrat sederhana adalah hal yang biasa kita dambakan ketika PMS. Sebab saat PMS hingga haid tubuh sering terasa lemah dan kurang energi. “Beralihlah kepada karbohidrat kompleks untuk menjaga tingkat energi Anda.” Ada pilihan karbohidrat kompleks yang baik seperti oatmeal, ubi jalar atau pasta gandum. Fakta menariknya yang paling ampuh dari itu semua, beras merah. “Tidak hanya beras merah sarat dengan karbohidrat kompleks serta dicerna secara lambat, itu juga merupakan sumber utama dari magnesium yang diyakini dapat mengurangi kembung.”
ref